Penyerang Persija Jakarta dan eks timnas Indonesia, Bambang Pamungkas Foto: iNews.id

IDNEWS.CO.ID – Persija Jakarta selangkah lagi menjadi jawara Liga 1. Mereka hanya butuh kemenangan di laga terakhir kontra Mitra Kukar, Minggu (9/12/2018).

Kondisi ini memunculkan pertanyaan, apakah dua pemain veteran mereka, Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas, bakal pensiun andai Macan Kemayoran meraih juara?

Faktor terbesar jelas masalah usia. Keduanya sudah tidak lagi muda. Usia Bepe sudah menyentuh 38 tahun, sementara Ismed satu tahun lebih tua.

Kendati demikian, keduanya masih cukup aktif membela Persija dengan Bepe sudah melakoni 12 laga dan mencetak satu gol di musim ini. Sedangkan Ismed masih menjadi andalan sebagai bek kanan dengan mengoleksi 24 caps di sepanjang musim ini.

Meski begitu, asisten pelatih Macan Kemayoran, Antonio Claudio, berharap keduanya masih terus tampil. Setidaknya untuk dua musim ke depan.

Padahal, sebelumnya, kedua pemain ini pernah mengisyaratkan untuk mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola. Dan bukan tidak mungkin di musim ini menjadi musim penutup yang manis bagi mereka.

“Memang saat itu 2001 masih sama-sama muda. Saya bangga pernah saling berjuang di lapangan. Walaupun beda usia tapi kita sebagai pemain dan pelatih tidak ada masalah. Masih bisa kuat 2 atau 3 musim ke depan,” kata pria yang disapa Toyo ini.

Peluang Persija untuk menjadi juara Liga 1 cukup besar. Sebab lawan mereka, Mitra Kukar dalam kondisi terpuruk di mana mereka hanya memenangkan satu laga dari lima laga terakhir yang dilakoninya. Terlebih, mereka akan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (ria)

LEAVE A REPLY