Laci mekanik MotoGP

IDNEWS.CO.ID – Balapan MotoGP adalah olahraga mahal. Satu motor yang disiapkan untuk dipacu hingga kecepatan lebih dari 300 kilometer per jam, nilainya bisa mencapai US$1,2 juta atau sekitar Rp17 miliar.

Uang sebanyak itu belum termasuk biaya perjalanan antarnegara dan peralatan yang dibutuhkan untuk bongkar pasang komponen motor. Nah, bicara soal alat, apa saja sih peralatan yang ada di laci mekanik tim MotoGP?

Dilansir dari Boxrepsol, Selasa 13 Agustus 2019, alat pertama yang wajib tersedia adalah kunci pas. Ukurannya mulai dari 7 hingga 18 milimeter. Obeng dengan mata plus dan minus juga harus ada, dengan berbagai ukuran dan panjang.

Beberapa baut hanya bisa dibuka dengan kunci bintang. Beberapa tersedia dalam bentuk standar, namun ada juga yang bisa dipasangkan dengan ratchet berbahan besi tempa. Alat itu juga harus bisa dipasang di kunci torsi, agar kekencangan baut sesuai dengan spesifikasi.

Laci mekanik MotoGP

Jenis peralatan lain yang tidak boleh absen, yakni tang. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari tang jepit, tang potong hingga tang dengan bentuk paruh burung. Ada juga tang khusus yang dipakai untuk membuka dan memasang klip pengunci baut.

Pada laci juga tersedia komputer jinjing, yang digunakan untuk memantau dan mengatur kinerja mesin serta komponen lain di motor canggih tersebut. Banyak hal yang bisa diatur memakai program, mulai dari bukaan katup, waktu pengapian, sampai banyaknya bahan bakar yang disemprot injektor.

Tatakan yang dipakai untuk menaruh baut dan mur, mengandung medan magnet. Hal itu dilakukan, agar tidak ada mur yang tercecer saat mekanik sibuk memperbaiki motor. Yang terakhir namun tidak kalah penting, yakni lakban dan zip tie, atau lebih dikenal dengan nama kabel ties.

LEAVE A REPLY