Ilustrasi tato. Foto: Tribunnews.com

IDNews.co.id – Pemakaian laser di kulit, menjadi salah satu perawatan untuk mengatasi ragam masalah pada kulit. Tak hanya meremajakan, ternyata laser pada kulit juga ampuh menghapus tato.

Laser jenis Qswitch ND:Yag, merupakan jenis laser yang titik targetnya pada pigmen melanin dan hemoglobin. Sinar pada laser ini akan diserap dan diubah sebagai energi panas untuk disalurkan pada dua target tersebut.

“Tujuan pada laser ini ada dua yaitu peremajaan kulit dan pigmentasi kulit. Ini sesuai dengan titik targetnya,” ujar Spesialis Kulit Kelamin, RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK., di kawasan Menteng, Jakarta.

Pada peremajaan kulit atau dikenal dengan rejuvenation, hasilnya dapat dilihat setelah rutin menjalani laser. Kulit akan lebih kenyal dan pori-pori tampak lebih mengecil.

“Karena target lasernya merangsang produksi kolagen dan elastin, sehingga memberi kekenyalan. Prosedur lasernya tidak merusak lapisan kulit di atas. Dia langsung menuju pada kolagen sehingga laser bisa diulang usai 2 minggu perawatan,” terangnya.

Sementara itu, pada perawatan untuk pigmentasi, direkomendasikan pada kulit dengan noda hitam, melasma, tahi lalat kecil, hingga tato. Targetnya sendiri kepada pigmen kulit, sehingga bisa memicu sedikit luka pada daerah yang diberikan titik laser.

“Prinsipnya, tato bisa hilang dengan laser tapi memang tergantung pada zat warna yang digunakannya. Jadi bisa beberapa kali perawatan laser, baru hilang,” jelasnya.(ria)

 

LEAVE A REPLY