Ilustrasi berdoa. Foto: Konsultasi Syariah

IDNews.co.id – Ramadan sudah dimuka mata. Salah satu sebagai keunikan dari bulan suci itu merupakan beribadah puasa yang harus dijalankan umat Muslim selama sebulan penuh. Puasa dilakukan tidak cuma untuk menahan haus dan lapar saja, namun juga emosi dan udara nafsu.

Karenanya supaya berpuasa di bulan Ramadan lebih lancar, dibutuhkan persiapan. Satu diantaranya, dengan menyiapkan diri untuk hadapi cuaca yang tidak menentu.

Seperti yang di sebutkan oleh Hary Tirto Djatmiko, Kepala Sisi Jalinan Orang-orang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dia mengatakan kalau di bulan Mei ini, DKI Jakarta akan masuk awal bulan kemarau.

” Cuaca biasanya diprediksikan selama tujuh hingga 10 hari, namun kami BMKG bisa memberikan perkiraan selama sebulan. Satu diantaranya, bulan Mei ini untuk wilayah Jakarta dan sekelilingnya akan masuk musim kemarau yang dibarengi dengan hujan kemampuan rendah, ” ucapnya.

Selanjutnya Hery mengatakan, karena bulan puasa ini diterima dengan musim kemarau, ia mengimbau orang-orang supaya lebih melindungi kesehatan dengan cara meminum vitamin, air mineral yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi.

” Karena masuk musim kemarau, yakinkan tidak dehidrasi meskipun sedang berpuasa dengan cara meminum air mineral yang cukup. Dan karena masih dibarengi dengan curah hujan rendah, bisa menyiapkan payung dan meminum vitamin supaya daya badan bisa bertahan lama di bulan puasa ini, ” ucapnya. (ndi)

LEAVE A REPLY