Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berfoto usai menerima penghargaan Dana Rakca Award 2017 yang diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di Aula Dhanapala Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Rabu (6/12).

IDNews.co.id  – Anggaran dana desa yang tidak besar tidak membuat Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti patah semangat untuk membangun desa di Kabupaten Tabanan. Hal demikian telah dibuktikan olehnya dengan meraih Penganugerahan Dana Rakca Award Aula Dhanapala Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Rabu (6/12). Acara tersebut sekaligus menjadi sosialisasi Transder ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) kepada kepala daerah.

“Saya sangat berterimakasih atas penganugerahan ini, Pada awalnya membangun sebuah desa yang kecil itu sulit, ditambah dana yang kita miliki tidak besar. Namun, kita harus siap menghadapi segala medan dan berpikir secara maksimal. Dari desa yang kecil bisa menjadi desa yang maju. Tentu ini hal juga sudah amanah dari Bapak Presiden Jokowi untuk kita membangun desa dari yang terpinggir lebih dahulu,” papar Eka.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima penghargaan Dana Rakca Award 2017 yang diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di Aula Dhanapala Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Rabu (6/12).

Eka juga menambahkan banyak program-program yang telah tercapai di Tabanan yang menjadi hasil penilaian dari penganugerahan Dana Rakca Award. “Berbagai program yang terealisasikan di Tabanan dari program yang dari nol sampai sudah sukses saat ini, seperti pengurangan pengangguran di Tabanan dengan adanya berbagai pelatihan untuk melatih kreatifitas, kita ajak ibu-ibu untuk mengolah pangan sampai kerajinan tangan, bantuan dana desa untuk para petani dan subsidi atau bantuan pengobatan bagi masyarakat Tabanan yang kurang mampu. Dan saya berharap semoga penghargaan ini bisa menjadi acuan dalam menigkatkan perekonomian desa dan tentunya bukan yang terakhir untuk Tabanan,” tandasnya.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia menjadi acuan untuk para kepala daerah agar memacu kegiatan perekomian tiap-tiap daerah. Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang meningkat tiap tahunnya harus diseimbangkan dengan pencapaian pembangunan daerah, meningkatkan pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa saat ini perekonomian di Indonesia jauh lebih baik dan telah meraih berbagai penghargaan bidang perekonomian. “Indonesia sudah bagus dalam kompetisi dan berbagai prestasi pada level nasional sudah diraih semoga bisa menjadi cerminan untuk daerah-daerah. Oleh karena itu saya ingin pengelolaan orientasi dari daerah-daerah adalah betul-betul memperbaiki birokrasi dan tata kelola dari masyarakat maupun dunia usaha, apapun itu adalah fokus yang paling relevan untuk hari ini dan masa depan. Semoga tahun 2018 agar kebijakan fiscal kita mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan,” tutur Sri Mulyani.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima penghargaan Dana Rakca Award 2017 yang diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di Aula Dhanapala Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Rabu (6/12).

Selain itu, acara tesebut juga menjadi sosialisasi kepada Kepala Daerah tentang perubahan beberapa kebijakan yang akan dilakukan dalam pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa. Seperti pengalokasian DAU yang tidak bersifat final, optimalisasi penggunaan DBH, penggunaan Dana Transfer Umum, pengalokasian DAK Fisik dan beberapa kebijakan lainnya yang berperan besar dalam mendukung kemajuan peningkatan dan memaksimalkan pengelolaan anggaran untuk dana daerah di tahun 2018. (ndi)

 

LEAVE A REPLY