Ilustrasi hewan kurban atau aqiqah

IDNEWS.CO.ID – Pandemi COVID-19 buat banyak orang melakukan penyesuaian tidak terkecuali melakukan aqiqah. Biasanya, pelaksanaan aqiqah mengundang banyak orang, sementara saat ini kegiatan yang berkerumun telah dilarang.

Menurut beberapa sumber, mengadakan acara aqiqah akan sangat rawan jika tetap mengundang beberapa tamu. Hal ini karena bayi sangat rentan dengan penyakit. Maka, di masa pandemi COVID-19 lebih baik mencari alternatif untuk merayakan aqiah. 

Salah satu contohnya, merayakan aqiqah dengan membagikannya ke panti asuhan. Menurut owner Riyadh Aqiqah, Ardian Karunia, hukum membagikan aqiah ke panti asuhan tetap sah hukumnya.

Baca juga: Aqiqah La Lembah Manah, Gibran Rakabuming Bagi-bagi Besek

“Lagi pandemi gini kan lebih baik tidak memaksakan diri merayakan, kasihan bayinya juga. Makanya, Riyadh Aqiqah bisa menolong menyalurkan makanannya ke panti asuhan atau panti sosial lainnya. Tenang saja, cara ini tetap sah hukumnya,” kata Ardian Karunia dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, menyalurkan aqiqah ke panti asuhan atau panti sosial, sama dengan memberi kebahagiaan kepada anak yatim piatu. Lagipula, doa-doa anak yatim piatu dipercaya memberikan keberkahan yang luar biasa. Pihak Ardian juga akan amanah dalam mengemban kepercayaan tersebut.

“Berbagi makanan aqiqah di panti asuhan memberikan kebahagiaan yang lebih pada yang punya acara juga yang diberi makanan. Dengan begitu sama saja kita menghibur anak yatim piatu. Alhamdulillah, Riyadh Aqiqah dipercaya sebagai penyalur yang amanah,” katanya.

Penyaluran makanan aqiqah ke panti asuhan pada dasarnya tidak berbeda dengan yang biasanya dilakukan ketika mengadakan acara di rumah. Pihak penyedia aqiah biasanya akan menangani sampai pembagian daging aqiqah tersebut.

Selain itu, pemilihan penyediaan hewan aqiqah perlu diperhatikan. Menurut Ardian, MUI mengeluarkan sertifikat halal untuk ini. Maka pihaknya akan patuh dengan ketentuan tersebut.

Baca juga: Bolehkah Menggabungkan Kurban dan Aqiqah dalam Satu Niat??

“Hewan aqiqah di Riyadh Aqiqah kami perlakukan dengan baik sesuai SOP. Kami memperhatikan nutrisi dan bobotnya, sehingga layak untuk disembelih. Eksekutor kami juga telah ahli terpercaya, beliau sudah memiliki sertifikat sembelih halal dari BNSP,” kata Ardian.
 

LEAVE A REPLY