PERMIAS Philadelphia kenalkan jamu di Amerika Serikat

IDNEWS.CO.ID – Para mahasiswa Indonesia di Philadelphia, Amerika Serikat, yang tergabung dalam PERMIAS (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia-Amerika Serikat) Philadelphia menyelenggarakan sebuah acara mengenai jamu. Acara bertujuan memperkenalkan kembali tradisi minum jamu kepada generasi milenial Indonesia di Amerika Serikat serta komunitas Internasional di negara Paman Sam tersebut.

Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk workshop bertema “SUWE ORA JAMU: celebrating “Jamu” as a new lifestyle for the young generation. Acara yang diketuai oleh Nova Dewi, pendiri Suwe Ora Jamu, itu diselenggarakan pada Minggu, 8 September 2019 di Café Square One, Philadelphia.

Jamu sebagai minuman herbal tradisional Indonesia yang kurang populer di kalangan generasi milenial, dikemas menjadi minuman yang menyegarkan dan disukai oleh anak muda tanpa mengurangi khasiatnya. Tidak hanya untuk mahasiswa di Philadelphia saja, acara ini juga mengundang mahasisa dari New York, New Jersey, dan Washington DC.

Baca juga: Menkes: Tolonglah Masyarakat Jangan Dibodohi Hoax Soal Pengobatan

Dalam acara tersebut juga diadakan jamu tester, presentasi tentang sejarah dan perkembangan jamu, serta demo pembuatan jamu dari bahan-bahan yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang paling menarik adalah ada acara jamu workshop yakni praktik singkat pembuatan jamu yang dapat diikuti para pengunjung.

Potensi jamu Indonesia sendiri memiliki tiga aspek manfaat yaitu kesehatan, ekonomi, dan sosial budaya. Public Relation PERMIAS Audrey Tirtaguna memiliki keinginan bahwa dengan adanya acara ini, jamu dapat diperkenalkan kembali secara komprehensif.

Para pengurus PERMIAS Philadelphia memiliki harapan agar PERMIAS Philadelphia selain sebagai wadah kreativitas mahasiswa Indonesia juga mampu merepresentasikan generasi muda Indonesia yang maju di era digital, sekaligus bisa mengangkat dan memperkenalkan budaya Indonesia yang kaya ke masyarakat internasional terutama Amerika Serikat.

“Sebagai generasi muda yang tinggal jauh dari tanah air, sudah sepatutnya kita bangga membawakan budaya kita yang kaya dan luar biasa. Mampu menghargai budaya bangsa berarti kita mampu menghargai diri kita sendiri. Saya dan para pengurus Permias Philadelphia tentunya berharap untuk terus bisa melestarikan aspek budaya Indonesia,” ujar Ketua PERMIAS Philadelphia Gracelynn Soesanto dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id.

LEAVE A REPLY