Ilustrasi masuk angin. Foto: Seemous.com

IDNews.co.id – Pernahkah Anda dengar orang yang semula baik-baik saja, mendadak meninggal lewat cara mendadak dengan diikuti gejala menyerupai angin duduk? Gejala-gejala yang seringkali dirasa sebelum akan pasien akhirnya hembuskan nafas terakhir, salah satunya : keringat dingin, mual pusing, muntah dan nyeri dada samping.

Lebih kurang, apakah benar yang menimbulkan kematian itu merupakan angin duduk? Sebenarnya makna angin duduk tidak sempat dikenal dalam dunia medis, yang ada merupakan angina pektoris yang termasuk cabang dari penyakit jantung. Jadi, seandainya seseorang mengalami gejala menyerupai angin duduk, jangan remehkan dan segera periksakan ke dokter supaya segera mendapatkan perawatan medis.

Mungkin terdapat banyak yang belum tahu jika nyeri hebat pada angin duduk benar-benar menyerupai dengan gejala serangan jantung, yaitu rasa nyeri hebat pada dada, pundak, punggung, leher, rahang dan ulu hati. Pada penyakit jantung, rasa nyeri terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah coroner yang menyebabkan pasokan darah dan oksigen ke dalam otot jantung jadi mengalami penurunan.

Bahkan, pasien penyakit jantung coroner pertamanya akan tampak baik-baik saja dan tidak merasakan gejala nyeri dada atau keluhan yang lain. Akan tetapi lalu terjadi serangan nyeri dada yang hebat sampai memicu kematian mendadak. Untuk menghambat terjadinya serangan jantung, alangkah lebih baik melakukan sebuah usaha pencegahan selanjutnya ini :

1. Periksakan kesehatan jantung

Menghambat tetap tambah baik daripada menyembuhkan, karenanya jika mengalami gejala yang mencurigakan itu, segera periksakan kesehatan jantung Anda supaya dokter dapat mendiagnosa yang menimbulkan yang kenyataannya.

2. Kontrol factor kemungkinan yang menimbulkan Penyakit jantung coroner

Dengan periksa factor kemungkinan yang menimbulkan Penyakit jantung coroner pada diri Anda, jadi Anda akan tambah dapat waspada jika terjadi gejala yang mencurigakan. Sebuah factor kemungkinan yang penting diawasi, misalnya : genetic, umur, mer*kok, obesitas, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dan beda sebagainya. Jika Anda memiliki factor kemungkinan itu, yakinkan untuk memeriksakan kesehatan lewat cara berkala.

3. Alur hidup sehat

Diantara satu cara yang dapat dilakukan untuk menghambat penyakit jantung merupakan dnegan mengedit gaya hidup yang lebih sehat, contohnya : olah-raga teratur, merawat berat badan, alur makan yang sehat, jauhi stress, dan beda sebagainya.
Semoga dengan menempatkan gaya hidup sehat dan bermacam usaha pencegahan di atas bisa menghindari Anda dari serangan penyakit menakutkan. Dan semoga informasi berjudul Cermati, Angin Duduk Sebabkan Kematian Mendadak di atas bisa bermanfaat untuk kita semuanya. (ndi)

LEAVE A REPLY