Ilustrasi Mobil transmisi matik. Foto: Autofresh.net

IDNews.co.id – Cara umum yang umum dilakukan para pengguna mobil matik untuk hentikan laju kendaraannya yaitu melepas gas dan dibantu rem kaki. Padahal tidak hanya mobil manual saja yang dapat engine brake.

Sebab engine brake dapat juga dilakukan pada mobil matik supaya menurunkan kecepatan saat situasi genting.

Sugihendi, Trainer Product Knowledge Nissan Motor Indonesia, mengatakan, dengan otomatis engine brake pada transmisi matik sebenarnya tinggal melepas pedal gas, baik itu model CVT (Continuosly Variable Transmission) atau konvensional.

“Untuk kecepatan tinggi diatas 60 kilometer /jam memang demikian dilepaskan (pedal gas) tidak merasa, karena momentum mobilnya sudah berat. Hanya dalam keadaan dibutuhkan pengereman lebih, tinggal pencet tombol overdrive yang berada di tuas (matik konvensional), ” katanya.

Dia menjelaskan, tombol itu berguna untuk menurunkan gigi. Dimana semuanya mobil matik konvensional transmisinya sudah diperlengkapi tombol itu. Sementara CVT tidak ada tombol pada tuasnya. Jadi tidak hanya melepas pedal gas, dapat pindahkan ke ” S “.

“Kalau CVT pilihannya P, R, N, D dan S untuk jalan menanjak. Tapi saat engine brake tuas ditarik ke S akan menurunkan kecepatan dan cukup penting, sama dengan gigi 4 segera turun ke 2, karena CVT kan tidak ada roda gigi, ” paparnya.

Sedangkan untuk mobil matik konvensional pilihannya cuma P, R, N, D. Kata dia, pilihan D itu biasanya urutan gigi empat, bila ingin turun ke gigi tiga dapat pencet tombol samping di tuas transmisi.

” Biasanya bila matik konvensional ada pilihan 1, 2 atau L yang sama juga gigi 1. ”

“Jika masih kurang (mobil berhenti) tarik sekali lagi (geser tuas transmisi ke 2 atau L) bila CVT ke S. Jadi pencet tombol transmisi dahulu bikin yang konvensional lalu pindahkan ke dua. Tapi tehnik ini berlaku jika kecepatan mobil mulai alami penurunan. Jangan mendadak dari 120 kilometer /jam diturunin, tentu rpm over (nyangkut), ” katanya.

Kesimpulannya saat mau melakukan pengereman dan dibutuhkan engine brake yang penting, cukup pencet tombol samping pada tuas transmisi. Jika pengereman di rasa masih kurang, geser tuasnya dan itu berlaku untuk semuanya konvensional atau CVT.(ndi)

LEAVE A REPLY