Mencuci tangan, cegah penyebaran corona

IDNEWS.CO.ID – Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari mengatakan bahwa pandemi COVID-19 menjadi pengingat untuk rutin mencuci tangan. Sebab, mencuci tangan dengan tepat dapat menjadi cara sederhana untuk menangkal penularan virus SARS-CoV-2.

“Pandemi COVID-19 telah menjadi pengingat bahwa satu penangkal penularan virus yang paling sederhana adalah cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” katanya dalam webinar Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Kamis 15 Oktober 2020.

Upaya tersebut kata Kirana mendapat dukungan mitra kerja, baik organisasi internasional maupun dunia usaha. Kolaborasi dengan para mitra antara lain untuk memastikan promosi dan ketersediaan sarana cuci tangan yang berkelanjutan. 

Baca Juga: Klarifikasi Dokter Soal RS Sengaja Catut Diagnosis COVID-19 Pasien

Perusahaan tersebut antara lain Unilever Indonesia, Wings, dan Astra yang juga hadir dalam webinar peringatan Hari Cuci Tangan. Ratu Mirah Afifah, Head of Sustainabilty, Beauty Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, mengatakan selama 80 tahun di Indonesia sudah banyak yang dilakukan untuk mendukungan kebiasaan sehat dan hidup bersih di masyarakat. 

Salah satunya membangun kebiasaan cuci tangan di tiga pilar utama, yaitu di sekolah, posyandu dan rumah sakit.

“Kami melakukannya secara sustainable yaitu dengan pelatihan dan kampanye cuci tangan pakai sabun bekerja sama dengan NGO. Kami melakukannya selama 21 hari, agar bisa membangun kebiasaan,” lanjut Mirah.  

Adapun yang bisa dilakukan sektor swasta secara rinci adalah :

Kebijakan
Menetapkan kebijakan dan protokol untuk kebersihan tangan dan menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun di kantor, pabrik, dan area perumahan staf mereka.

Kerjasama
Bekerja sama dengan pemerintah dan mitra pembangunan untuk meningkatkan akses ke CTPS di sekolah, fasilitas kesehatan, tempat umum dan komunitas serta meningkatkan operasionalisasi dan pemeliharaanfasilitas yang terpasang.

Produsen sarana kebersihan tangan memastikan keterjangkauan melalui inovasi produk dan rantai pasokan dan bekerja dengan entitas publik untuk model penetapan harga yang dapat diakses.

Perubaha Perilaku
Selalu mempromosikan perubahan perilaku kebersihan di antara basis pelanggan dan berbagai jaringan.

Seperti diketahui jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, patuhi selalu protokol kesehatan dan jangan lupa 3M: Memakai masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta rajin Mencuci Tangan.

#satgascovid19
#cucitanganpakaisabun
#pakaimasker
#jagajarak
#ingatpesanibu

LEAVE A REPLY