IDNEWS.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebutkan, bahwa kondisi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun cukup merata pada Selasa, 25 Februari 2020, di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang (Jabodetabek).

“Terjadi dari wilayah selatan hingga utara dengan intensitas tertinggi terukur di wilayah Kemayoran 278 mm,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Dwikorita menjelaskan, cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Jabodetabek beberapa hari terakhir secara dominan dipicu oleh faktor dinamika atmosfer skala lokal, yaitu adanya pembentukan pola konvergensi (pertemuan massa udara) dan kondisi labilitas udara yang kuat terutama di wilayah Jawa bagian barat, termasuk wilayah Jabodetabek tersebut.

Adapun wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi pada bulan Februari ini berada pada Jawa Barat bagian timur, Jawa Tengah bagian tengah, Kalimantan Barat bagian utara, Sulawesi bagian tengah, dan Papua bagian tengah.

Sedangkan, pada wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi pada Maret berada di Kalbar bagian utara, Kalteng, Kalsel, Jabar bagian tengah, Sulawesi bagian tengah, Manokwari bagian timur dan Papua bagian tengah.

“Dihimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ujarnya.

Untuk diketahui, beberapa wilayah daerah di Jabodetabek mengalami banjir bahkan banyak warga yang rumahnya terendam banjir dan juga beberapa ruas jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun oleh roda empat. (ndi)

LEAVE A REPLY