Banjir menggenangi Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Rabu (11/7/2018). Foto: BNBP

IDNews.co.id – Banjir dengan ketinggian 50 sampai 100 sentimeter menggenangi Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Rabu (11/7/2018).

Menurut Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, banjir menyerang.menimpa wilayah itu saat banyak daerah di Indonesia malahan tengah mengalami kemarau.

” Banyak daerah mengalami kekeringan seperti di sebagian Sumatera sisi selatan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Tapi di daerah Maluku, Maluku Utara, dan sebagian barat Papua Barat, waktu ini puncak musim penghujan hingga mengalami banjir, ” papar Sutopo di Jakarta.

Sutopo mengatakan, banjir terjadi efek Sungai Ratahaya, Sungai Air Kilong, dan Sungai Air Bobong meluap pada Rabu dini hari. Daerah yang dirundung banjir merupakan Desa Ratahaya, Desa Kilong, dan Desa Bobong.

Banyaknya warga terdampak mencapai 540 jiwa yang berasal dari 180 kepala keluarga. Tidak ada korban jiwa yang muncul efek musibah itu.

” BPBD Kabupaten Pulau Taliabu udah melakukan perlakuan darurat. Perlindungan disalurkan pada warga, dan pendataan masih dilakukan, ” papar Sutopo.(ndi)

LEAVE A REPLY