Ilustrasi Polisi Pantau Kecepatan Kendaraan

IDNews.co.id – Setiap pengendara kendararaan bermotor harus ikuti peraturan jalan raya, termasuk tentang peraturan batas kecepatan berkendara di jalan.

Peraturan itu sudah termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan Kendaraan Bermotor.

Batas kecepatan tertinggi tergantung supaya ada saat yang cukup untuk menghindari tabrakan, dan jikalau terjadi kecelakaan, jadi tidak muncul luka parah karena efek tabrakan itu.

Pada Pasal 3 ayat 2 Peraturan Menteri Perhubungan 111/2015, batas kecepatan tertinggi sama seperti disebut mencakup batas kecepatan jalan bebas kendala, batas kecepatan jalan antar kota, batas kecepatan jalan pada kawasan perkotaan dan kawasan permukiman.

Pada jalan bebas kendala, tergantung batas kecepatan terendah 60 kilometer /jam dalam keadaan arus bebas dan tertinggi 100 kilometer /jam.

Untuk jalan antarkota, batas kecepatan yang tergantung tertinggi 80 kilometer /jam. Kawasan perkotaan batas kecepatan tertinggi yakni 50 kilometer /jam. Sedangkan, kawasan pemukiman tertinggi 30 kilometer /jam.

Peraturan itu disosialisasikan dalam akun sosial media seperti Instagram, di antaranya dilakukan @tmcpolrestabesbandung.

” Cocokkan batas kecepatannya ya. Dan janganlah lupa utk mengedepankan keselamatan, ” catat akun itu. (ndi)

LEAVE A REPLY