Ilustrasi Polisi Foto: INTELIJEN

IDNEWS.CO.ID – Polri siap mengamankan jalannya debat calon presiden kedua yang akan digelar pada Minggu (17/2/2019). Untuk mengamankan jalannya debat, polisi akan menggunakan sistem empat lapis penjagaan seperti pengamanan debat pertama.

“Tidak berbeda dengan pengamanan debat pertama, di debat kedua kami menggunakan pola empat ring pengamanan termasuk dengan jalur pelarian diri (escape route),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (12/2/2019).

Polri juga menyiapkan rencana kontingensi dalam acara tersebut. Menurutnya, pola pengamanan sudah disiapkan oleh Polda Metro Jaya yang sudah berpengalaman mengamankan jalannya debat.

“Polda Metro sudah sangat komprehensif dan berpengalaman dalam rangka melakukan pengamanan kegiatan tersebut,” ujarnya.

Ring 1 merupakan area yang dijaga oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres), sebab ada Presiden Joko Widodo. Wilayah Ring 2 yaitu area hotel yang akan dijaga oleh TNI dan Polri. Ring 3 merupakan halaman parkir dan Ring 4 yaitu jalur keluar-masuk paslon termasuk jalur evakuasi darat dan udara jika terjadi sesuatu hal.

Dalam debat kedua, kandidat yang tampil hanya capres, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Mereka akan adu gagasan perihal energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Sementara itu, calon wakil presiden Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, akan tampil di debat ketiga. (ach)

LEAVE A REPLY