Debat Kedua Capres Foto: Solopos.com

IDNEWS.CO.ID – Debat pemilihan presiden yang kedua kali, sudah dilaksanakan pada Minggu malam (17/2/2019) di Hotel Sultan, Jakarta. Debat kali ini, hanya menghadirkan para calon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Keduanya sudah memaparkan mengenai tema yang diusung, yakni Infrastruktur, pangan, energi, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Dari situs debatcapres.bahasakita.co.id, Senin (18/2/2019), terlihat dari persentase, Jokowi paling banyak mengeluarkan kata-kata.

Tercatat, ada 5.948 kata yang terucap selama debat berlangsung. Jokowi mengeluarkan kata-kata 51,4 persen, sedangkan Prabowo 48,6 Persen.

Pada topik Infrastuktrur, Jokowi mengeluarkan lebih dari 40 kata, sedangkan Prabowo kurang dari 40 kata.

Topik Pangan, masih paling banyak Jokowi yang mengeluarkan kata-kata, yakni lebih dari 60 kata, sedangkan Prabowo kurang dari 50 kata.

Sementara itu, topik Energi, Jokowi tercatat mengucapkan 16 kata, untuk Prabowo 14 kata saja. Topik selanjutnya, yakni Sumber Daya Alam, Jokowi paling doyan berucap daripada Prabowo. Jokowi berucap nyaris 45 kata, sedangkan Prabowo lebih dari 20 kata.

Di topik terakhir, yakni Lingkungan Hidup, giliran Prabowo yang paling bersuara, yakni berbicara lebih dari 25 kata, sedangkan Jokowi hanya 15 kata.

Tak hanya ucapan penjabaran, terekam juga kata-kata unik dari kedua calon selama debat, yakni Jokowi lebih dari 40 persen, sedangkan Prabowo kurang dari 40 persen. (ach)

LEAVE A REPLY