Keluarga Dede Sunandar.

IDNEWS.CO.ID – Anak dari komedian sekaligus presenter Dede Sunandar bersama sang istri, Karen, yakni Ladzan Syafiq Sunandar mengidap penyakit langka, Sindrom Williams.

Pada saat diundang ke acara Okay Bos yang dipandu oleh Raffi Ahmad, Dede menjelaskan bahwa anaknya, Ladzan menderita penyakit Sindrom Williams. Karena penyakit itu, fungsi jantung, paru-paru, dan lambung Ladzan menjadi tidak baik.

“Iya pak, dia lagi sakit. Dia punya penyakit yang beda dari semua orang. Penyakitnya Williams Syndrome. Jadi kayak benar jantung, tapi paru-paru sampai lambung ada masalah pak. Jadi harus dioperasi mau enggak mau,” kata Dede.

Selain memerlukan biaya yang mahal, proses pengobatan yang harus dilalui Ladzan juga tidaklah mudah. Anak berusia satu tahun itu harus menjalani operasi sebanyak empat tahap hingga usianya mencapai 21 tahun.

“Operasinya ada empat tahapan pak, 1-3 tahun, 7 tahun, 13 tahun sampai 23 tahun dan sekarang usianya 1 tahun 4 bulan,” kata Dede.

Saat ini, Dede juga mengatakan bahwa ia hanya bisa memberi obat rutin seperti membeli susu jantung. Harga susu untuk jantung sendiri senilai Rp300-Rp400 ribu, hanya untuk digunakan selama dua hari saja.

Dalam acara tersebut, Dede juga mengungkapkan bahwa sampai kapan pun ia tidak akan menyerah untuk kesembuhan sang anak. Bahkan jika diperlukan, Dede mengaku siap menjual organ tubuhnya untuk biaya pengobatan.

“Kalau memang Allah ngasih ujian buat Dede, kalau memang Dede mampu, sampai kapan pun, sampai enggak ada, sampai Dede jual segala macam organ tubuh Dede buat anak demi kesembuhan, Dede enggak masalah,” ujar Dede. (ria)

LEAVE A REPLY