Istana burung peninggalan Kerajaan Islam Ottoman.

IDNews.co.id – Kerajaan Ottoman adalah kerajaan Islam terbesar dan terpanjang dalam sejarah dunia. Berdiri pada tahun 1299, kerajaan ini bertahan sampai 600 tahun kedepan. Pada 1453, Ottoman bahkan dapat mengalahkan Konstantinopel, ibukota kekaisaran Byzantium dan menggantinya jadi Istanbul.

Sampai hari ini, jejak kerajaan Islam itu masih bisa di lihat lewat peninggalan bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur megah. Yang tak kalah menarik, elemen mutlak pada jejak peninggalan arsitektur kerajaan Ottoman di Turki yaitu ada istana burung menjadi bangunan penambahan yang melekat pada dinding luar beragam susunan kota.

Sarang burung yang melekat di berapa Masjid, penginapan, perpustakaan, sekolah dan air mancur itu bukan bangunan dengan susunan beton simpel. Ia adalah sebuah miniatur istana dari mulai satu lantai sampai bangunan bertingkat tiga dengan ornament rumit yang indah.

Masing-masing dirancang dengan estetika design mirip dengan bagunan-bangunan besar di kerajaan, sekalian menyediakan tempat berteduh untuk burung pipit, burung layang-layang, dan burung merpati sembari menghindar kotoran burung merusak dinding-dinding bangunan sekelilingnya.

Selain menjadi sangkar burung, istana burung juga memiliki pandangan keagamaan. Mereka beranggapan, dengan dibuatkan sarang mungil yang bagus, burung-burung itu juga bakal membalasnya dengan perbuatan baik juga.

Dengan perhataian dan perawatan, bangunan itu mendorong kecintaan pada hewan di warga Turki, warga bahkan mengambil sebagian julukan untuk rumah itu selama bertahun-tahun termasuk memakai makna seperti ” kuş köşkü ” (paviliun burung), ” güvercinlik ” (sarang merpati) dan ” serce saray ” (istana burung gereja).

Saat ini, cuma tinggal sebagian saja dari istana-istana burung yang tersisa. Meski demikian, istana mungil itu sudah mengakar dalam sejarah Turki. Hampir di setiap kota di negara Turki memiliki istana burung, contoh tertua yaitu sebuah sarang yang dibuat di era ke-16 yang menempel di jembatan Büyükçekmece di Istanbul, sampai hari ini masih utuh terbangun.(ndi)

LEAVE A REPLY