IDNEWS.CO.ID – Hyundai Motors Corporation dilaporkan tengah mengembangkan sistem yang memungkinkan pengemudi dapat membuka pintu dan menyalakan mobil dengan sensor sidik jari.

Merilis Ubergizmo, Sabtu (13/1/2019), rencananya tehnologi anyar itu akan dipasang di Santa Fe model 2019. Produsen asal Korea Selatan itu dikabarkan akan melaunching kendaraan berteknologi sidik jari di China pada kuartal pertama 2019.

Dalam praktiknya, pengguna bisa mendaftarkan sidik jari mereka ke mobil sebelum akhirnya menggunakan sistem tersebut .

Sensor sidik jari akan terpasang di handel pintu mobil. Data yang terekam dan terenkripsi kemudian akan didistribusikan ke sistem hingga pintu mobil bisa terbuka.

Nantinya, mobil akan dengan otomatis menyesuaikan posisi duduk dan sudut kaca spion dengan sang pengemudi. Hyundai juga berencana menambahkan pengaturan suhu khusus, kelembaban dan pengaturan kemudi.

Ini bukan pertama kali sidik jari digunakan untuk mobil, akan tetapi Hyundai akan jadi pelopor yang menempatkan sendor sidik jari di pegangan pintu. Pasalnya hal tersebut terbilang sulit dikerjakan karena munculnya kekhawatiran akan keamanan dan daya tahannya.

Misalnya, pemindai sidik jari di posisi itu harus mampu bertahan dari sinar matahari, suhu rendah di musim dingin serta hujan.

Hyundai mengatakan, teknologi sidik jarinya menggunakan kapasitansi manusia, sehingga mampu membedakan tingkat listrik di berbagai bagian jari. (ndi)

LEAVE A REPLY