Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkaos oblong saat meninjau pabrik

IDNEWS.CO.ID – Media Korea Utara melaporkan jika pemimpin Kim Jong-un mengamati secara langsung latihan Angkatan Udara untuk kedua kalinya dalam tiga hari bahkan sewaktu Amerika Serikat dan Korea Selatan memutuskan untuk tunda latihan udara bersama mereka buat memudahkan pembicaraan denuklirisasi dengan Korea Utara.

AS dan Korea Selatan mengatakan mereka akan tunda latihan militer mendatang yang dikenal sebagai Combined Flying Pelatihan Momen dalam usaha untuk menambah pembicaraan damai yang sempat berhenti dengan Korea Utara.

Latihan yang sudah direncanakan akan digelar dari tahun-tahun sebelumnya itu akan menyetimulasikan skenario perang udara dan menyertakan sejumlah pesawat tempur, baik dari Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk mencoba kesigapan.

Akan tetapi ini hari, kantor berita sah Korut KCNA katakan jika Kim mengamati kursus pendaratan udara dari sub-unit penembak tepat Angkatan Udara dan antipesawat Angkatan Udara militer Korut.

Kim menyebutkan hal tersebut butuh untuk melakukan latihan tanpa pemberitahuan, dibawah situasi simulasi perang riil untuk menambah kesigapan unit militer Korea Utara.

Dikutip Kanal News Asia, Sabtu kemarin KCNA pun melaporkan jika Kim menyaksikan kontes penerbangan tempur dari komandan penerbangan Angkatan Udara dan Anti-Pesawat. Suatu foto di media massa pemerintah, Rodong Sinmun memperlihatkan Kim tersenyum ditengah-tengah para pilot yang kumpul disekelilingnya.

Tidak diketahui secara jelas kapan Kim hadir acara itu, atau apa kegiatan itu dilakukan di hari yang sama. Tidak ada yang katakan AS ataupun Korea Selatan dalam laporan media KCNA. (ndi)

LEAVE A REPLY