Ilustrasi. Foto: Liputan6.com

IDNews.co.id – Diaspora Indonesia di California Selatan, Amerika Serikat, menggelar penggalangan dana bertajuk “Love 4 Lombok 7.0” guna membantu para korban gempa di Lombok. Acara yang digelar Sabtu, (22/9/2018) bertempat di Dutch Club Avio, Anaheim, California, dimeriahkan oleh penampilan Jolali Band, gamelan Burat Wangi, atraksi silat Merpati Putih, dan rangkaian tarian tradisional.

Tak kurang 400 pengunjung tampak antusias menyimak berbagai penampilan kesenian tradisional Indonesia selama acara berlangsung. Mereka juga terlihat menikmati berbagai makanan khas Indonesia yang disajikan oleh Holland International Market dan vendor-vendor lainnya. Acara “Love 4 Lombok 7.0” berhasil menghimpun dana sebesar Rp 65 juta dan merupakan kerja sama antara SoCal Indo, Indonesian Diaspora Network-United, dan Indonesian Diaspora Foundation.

Ketua penyelenggara “Love 4 Lombok 7.0” Michael Passage menjelaskan bahwa pihaknya terpanggil untuk menggalang dana melaui berbagai cara mulai dari Facebook, Youtube, hingga gerakan amal melalui gelar budaya ini. “Kami mengundang segenap potensi budaya di California Selatan untuk menampilkan kebudyaan Indonesia sekaligus untuk turut beramal,” ujar Michael.

Wakil ketua penyelanggara Jason Schmidt-Weymans menambahkan bahwa acara ini adalah bentuk kepedulian terhadap saudara sebangsa di Tanah Air yang sedang tertimpa bencana.

Presiden Indonesian Diaspora Network-United (IDN-U) Herry Utomo menjelaskan bahwa acara “Love 4 Lombok 7.0” adalah salah satu dari rangkaian penggalangan dana yang dilakukan oleh IDN-U di berbagai kota di dunia. “Sebelumnya kami juga melakukan penggalangan dana di California Utara, Midwest, Oklahoma, Philadelphia, Paris, dan Bali. Dengan kegiatan penggalangan dana lintas benua ini, maka kontribusi kolektif diaspora akan lebih besar guna menghasilkan dampak yang lebih berarti ke Tanah Air,” ujar Herry.

Presiden Indonesian Diaspora Foundation (IDF) Ida Wenefrida mengatakan bahwa IDF senantiasa siap untuk menjadi platform “giving back” bagi diaspora Indonesia yang ingin memberikan sumbangan untuk Indonesia. Ida menjelaskan bahwa penggalangan dana untuk Lombok yang digalakkan oleh organisasinya bersama IDN-U telah berhasil mengumpulkan setidaknya Rp 340 juta. “Saat ini sudah terkumpul Rp 340 juta dan akan bertambah lagi dengan penggalangan dana yang segera dilakukan di Paris,” tuturnya. (ndi)

LEAVE A REPLY