Markas Liga Arab di Kairo, Mesir. Foto: Liputan6.com

IDNews.co.id – Para pemimpin negara-negara Liga Arab menyerukan dibukanya penyelidikan internasional terkait tuduhan penggunaan senjata kimia di Suriah. Liga Arab menekankan perlunya solusi politik untuk perang di Suriah.

“Kami mengecam penggunaan senjata kimia terhadap rakyat Suriah dan kami menuntut penyelidikan internasional independen untuk menjamin penerapan hukum internasional, terhadap siapa saja yang terbukti menggunakan senjata kimia,” demikian pernyataan Liga Arab.

Dilansir dari Reuters, Senin (16/4/2018), Arab Saudi dan sekutunya telah menyatakan dukungan terhadap serangan rudal oleh Amerika Serikat, Inggris dan Prancis, terhadap dugaan fasilitas senjata kimia di Suriah. Sementara, Irak dan Lebanon mengutuk serangan tersebut.

Sementara itu, pemerintah Suriah menyangkal menggunakan atau memiliki senjata kimia, dan menyebut serangan oleh Amerika dan negara barat lainnya sebagai sebuah tindakan agresi.

Sabtu pekan lalu pasukan Amerika Serikat, Inggris dan Prancis melancarkan serangan udara ke Suriah. Serangan ini sebagai respons atas serangan gas beracun yang menewaskan puluhan orang pekan lalu. Penggempuran tersebut juga menjadi intervensi terbesar kekuatan barat terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad. (ndi)

LEAVE A REPLY