Ilustrasi

IDNews.co.id – Menjabat Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta yang baru, Irmansyah, yang dirotasi dari jabatan sebelumnya sebagai Bupati Kepulauan Seribu, menyampaikan perlu ada integrasi dengan institusi atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lain dalam mengurusi masalah sosial.

“Perlu ada pemahaman kembali mengenai sosial. Sosial berasal dari kata Society yang artinya masyarakat. Jadi paling inti itu sosial. Jika kita paham (tentang sosial), mulai muncul ada integrasi,” ujar Irmansyah saat ditemui di ruangannya di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta pada Senin (16/7).

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah.

Menurutnya, di dalam masyarakat terdiri dari tiga elemen yaitu society, governance, dan privat sector. Governance sebagai pembuat kebijakan untuk masyarakat perlu mengajak Dinas Sosial. Karena setiap kebijakan untuk masyarakat, ada kaitannya dengan masalah sosial.

“Contoh dalam membangun taman, kita bisa bangun taman, tapi bagaimana dengan fasilitas buat para disabilitas. Membangun jalan oleh Dinas Bina Marga, fasilitas disabilitas perlu diperhatikan. Maka harus ada integrasi, kita dilibatkan dalam itu,” papar Irmansyah.

Maka dari itu pihaknya nanti ingin ada diskusi untuk memahami kembali makna sosial. Itu bertujuan, katanya, agar pegwai yang berada di Dinas Sosial ini mampu memaknai tugasnya yang tidak hanya mengurusi orang-orang yang termajinalkan namun ikut serta dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan masyarakat.

Selain itu, dalam memimpin SKPD sebesar Dinas Sosial ini, Irmansyah memosisikan diri sebagai orang yang belajar. Ia merasa perlu banyak belajar dari para senior yang telah lama berkecimpung di Dinas Sosial.

“Saya membuka pikiran dan memulai tugas ini dengan prasangka positif. Membina hubungan yang baik ke semua komponen. Tukang parkir, cleaning service, PJLP, Tagana dan seterusnya. Kita jalani tugas sebaik mungkin sebagai satu tim. Saling belajar dan memahami tugas di Dinsos,” kata Irmansyah. (ach)

LEAVE A REPLY