Catatan kiprah Valverde selama membesut Barcelona

IDNEWS.CO.ID – Barcelona resmi memutuskan untuk memecat pelatih Ernesto Valverde pada Selasa 14 Januari 2020. Keputusan itu pun telah diumumkan El Barca dalam situs resmi dan akun media sosial raksasa Catalan itu.

Sebuah pernyataan resmi pun dipublikasikan manajemen Barcelona yang juga menjadi salam perpisahan kepada Ernesto Valverde.

“Klub secara terbuka menyatakan rasa terima kasihnya kepada Ernesto Valverde atas profesionalismenya, komitmennya, dedikasinya dan perlakuan positifnya terhadap semua keluarga Barca. Kami berharap ia akan beruntung dan sukses di masa depan,” jelas pernyataan tersebut.

Meski kini Blaugrana masih memuncaki klasemen sementara LaLiga musim ini dengan selisih gol dari Real Madrid dan lolos ke 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup F.

Namun manajemen klub sepertinya punya standar target lain yang gagal dicapai oleh mantan juru taktik Athletic Bilbao dan Espanyol ini.

Tersingkirnya Barca dari pentas Liga Champions dalam 2 musim terakhir ini dirasa cukup memalukan usai harus disingkirkan AS Roma musim lalu.

Tak cuma itu, kegagalan Barca melaju ke final Supercopa pekan lalu jadi salah satu pemicu berakhirnya kiprah Valverde di Camp Nou.

Walau demikian, bersama Valverde Barca bisa meraih gelar LaLiga dalam 2 musim berurutan, serta memenangkan trofi Copa del Rey dan Supercopa Spanyol pada 2018.

Mantan bos Real Betis, Quique Setien ditunjuk sebagai pengganti Valverde segera setelah penandatanganan kontrak kerja yang tercantum hingga Juni 2022 mendatang.

LEAVE A REPLY