Ilustrasi Klub Malam Halal

IDNEWS.CO.ID – Selama ini Arab Saudi dikenal sebagai salah satu negara yang menerapkan syariat Islam. Dengan kata lain, semua kehidupan bernegara di Arab Saudi diatur berdasarkan hukum Islam.

Hiburan seperti klub malam tentunya menjadi hal yang tabu di negara tersebut. Akan tetapi, sebagaimana dilaporkan Worldofbuzz, Sabtu (15/6/2019), baru-baru ini Arab Saudi disebut telah memiliki klub malam ‘halal’ pertama di dunia. Terletak di tepi perairan Jeddah, klub bernama WHITE itu langsung mendapatkan sorotan banyak orang.

Untuk mematuhi standar halal hukum Islam, WHITE menyajikan makanan, minuman, dan shisha non-alkohol. Sementara itu, tiket masuknya berkisar Rp1,9 juta hingga Rp3,7 juta.

Tag #DiscoinJeddah dan #Jeddahdisco sejak itu menjadi viral di media sosal. Beragam meme dan lelucon tentang klub malam halal pun menyebar luas di internet. Salah satunya meme yang menyebut bahwa Nicki Minaj akan tampil sebagai artis pembuka.

Sementara itu, tak sedikit orang yang menyatakan keprihatinan. Mereka menilai klub malam meskipun diberi embel-embel halal, telah melanggar identitas dan tradisi Arab Saudi. Karena konsep halal tak hanya terkait dengan konsumsi makanan, namun juga gaya hidup.

Pendapat lain menambahkan bahwa WHITE berbenturan dengan standar agama kerajaan sebagai tuan rumah tempat paling suci dalam Islam. (ndi)

LEAVE A REPLY