Ilustrasi tukang becak

IDNews.co.id – Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menyatakan, sekarang ini ada sekitar 314 becak di Jakarta. Tetapi, sejumlah 141 salah satunya tak beroperasi dikarenakan rusak.

Data itu, menurut Sigit, berdasarkan survey yang dilakukan Dinas Perhubungan beserta Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) pada 7-8 November 2017. Pendataan itu juga terkait pengaturan Community Action Rencana (CAP) di 16 kampung.

Nantinya, becak-becak itu akan beroperasi sebagai angkutan lingkungan. ” Pemantauan kemarin cuma (beroperasi) di lingkungan terbatas, ” katanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewacanakan akan mengizinkan becak kembali beroperasi di Ibu Kota. Nantinya, becak bukanlah sebagai transportasi umum yang melintas di jalan protokol namun sebagai angkutan lingkungan di sebagian titik saja.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sanidaga Uno mengaku, kebijakan untuk mengizinkan becak beroperasi kembali di Jakarta, adalah area kontrak politik yang dibuat saat ikuti Pilkada DKI 2017 kemarin.

Menurut Sandiaga, kontrak itu di tandatangani Anies Baswedan. ” Kontrak politik ini disodorkan untuk Pak Anies dan ternyata ini kontrak politik pemerintah sebelumnya juga. Jadi mereka memiliki sebagian kontrak politik. Jadi ini yang sekali lagi cobalah kami tunaikan sebagai bentuk satu kesatuan, ” tuturnya di Balai Kota, Rabu (171/2018). (ndi)

LEAVE A REPLY