Petugas emergensi Australia memeriksa kantor konsulat Yunani Foto: bbc

IDNEWS.CO.ID – Sejumlah paket misterius ditemukan di kantor-kantor kedutaan besar dan konsulat asing di Australia, Rabu (9/1/2019). Di antaranya kantor konsulat Amerika Serikat, Inggris, Swiss, dan Pakistan di Canberra dan Melbourne. Kepolisian Australia tengah melakukan investigasi paket mencurigakan tersebut.

Dilansir laman BBC, Kamis (10/1/2019), beberapa paket dilaporkan berisi suatu benda dan dilabeli asbes. Tidak ada laporan korban terluka dalam hal ini.

“Paket-paketnya sedang diperiksa oleh petugas layanan emergensi. Keadaan ini sedang diselidiki,” kata Polisi Federal Australia.

Sejumlah petugas layanan emergensi juga terlihat di konsulat India, Pakistan, Yunani, Korea Selatan, Selandia Baru, Italia, Spanyol, dan Prancis, menurut laporan ABC News.

Kepolisian Australia telah menangkap satu orang diduga pengirim paket-paket itu ke kedutaan dan konsulat di Canberra, Melbourne, dan Sydney. Pihak kepolisian mengungkapkan telah menemukan 29 paket.

Sebelumnya, Pemerintah Australia mengeluarkan sebuah surat peringatan kepada semua misi luar negeri di Australia tentang pengiriman mencurigakan setelah menemukan tiga paket. Peringatan itu menyarankan konsulat untuk menangani surat-surat menurut protokol dan instruksi pemerintahan negaranya. (ndi)

LEAVE A REPLY