Ilustrasi kondom Foto: Wow Menariknya

IDNEWS.CO.ID – Limbah alat kontrasepsi atau kondom bekas gunakan ditemukan petugas pekerja pembersih aliran air kotoran di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Petugas terpaksa harus membawa berkali-kali kondom bekas itu karena jumlah mencapai ribuan.

“Begitu banyak ya sampah plastik (disana) termasuk diantaranya masalah kondom itu,” kata Direktur Penting (Dirut) PD PAL Jaya, Subekti pada Jumat (19/7/2019).

Bukan cuma sampah kondom, subekti merinci banyak sampah lain yang bikin mampet aliran air kotoran disana. Seumpama pembalut bekas, botol plastik, sampai celana dalam bekas. “Celana dalam pula banyak sekali,” ujarnya.

Pelaksanaan ini, lanjut Subekti telah dilakukan sejak tanggal 2 Juli lalu. Keseluruhan sudah sepuluh karung berukuran sekitar 10 kilogram berisi sampah yang tak lumrah diangkut dari sana.

Karenanya, dia meminta kesadaran terhadap orang biar tidak membuang sampah ke closet. Jumlah penemuan ini ialah bukti kurangnya kesadaran mereka.

“Nah lebih kurang itu. Kalaupun ke toilet jangan buang celana dalam. Jangan begitu. Kalaupun di toilet kan ada peringatan, itu yang membersihkan kita. Butuh kesadaran peringatkan semua jangan hingga buang sampah ke aliran karena akan mampet. Saat ini pipa kita mampet karena itu,” tangkisnya.

Sehubungan penemuan sampah kondom bekas gunakan, ia tak ingin berspekulasi aslinya dari lokasi mana. Kuat dugaan sampah jenis itu berasal dari toilet yang ada pada hotel-hotel di kawasan itu.

“Itu kan mungkin hotel-hotel. Namun memang begitu banyak sich. (Sampah) Pembalut, kondom (bekas),” ujarnya. (fat)

LEAVE A REPLY