Ilustrasi media sosial.

IDNEWS.CO.ID – Permasalahan keuangan tentunya menjadi hal yang sulit dilepaskan dari semua orang termasuk bagi ibu milenial. Tak hanya harus beradaptasi dengan kehidupan baru bersama pasangan dan buah hati, tetapi juga mengelola keuangan yang cukup rumit memberi tantangan tersendiri bagi mereka.

Dikatakan Prita Ghozie selaku Financial Planner dalam acara #MYBABYMomversity, secara umum sebesar 46 persen masyarakat mengalami stres karena adanya masalah keuangan. Khusus bagi kelompok usia milenial, media sosial cukup mengambil peran dalam pengelolaan keuangan.

“Ibu dengan usia 25 tahun dan ibu yang usianya 35 tahun, jarak 10 tahun saja pendapatannya pasti berbeda,” kata Prita dalam temu media di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis 5 Desember 2019.

Prita menjelaskan, milenial bisa dikategorikan dengan rentang usia 25 hingga 39 tahun. Spektrum yang cukup panjang itu membuat setiap ibu memiliki pengalaman dan penghasilan yang berbeda.

“Sedangkan media sosial tidak kenal usia, ada ibu-ibu usia 25 tahun bandingkan diri dengan ibu usia 35 tahun, padahal penghasilan dan pengalamannya beda,” ungkapnya lagi.

Prita menambahkan bahwa itu bisa menjadi masalah ketika membandingkan diri dengan orang lain. Sebab, media sosial tak memperlihatkan usia, pengalaman kerja, ataupun bisnis yang mungkin diwariskan orangtuanya.

“Kita hanya lihat tampilan di medsos saja. Sehingga galau kemudian mengonsumsi sesuatu karena ingin dan ikutan seperti itu padahal belum tentu butuh,” paparnya.

LEAVE A REPLY