Calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

IDNews.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat menjadwalkan sidang paripurna pada Kamis siang 7 Desember 2017. Paripurna ini untuk menindaklanjuti hasil uji kepatutan dan kelayakan Komisi I pada calon Panglima TNI yang baru, Marsekal Hadi Tjahjanto.

” Dalam soal ini fit and proper test di Komisi I itu untuk Panglima TNI yang kemarin sudah dikerjakan, ” kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Diluar itu, paripurna akan juga menindaklanjuti hasil uji kelayakan Komisi III pada hakim konstitusi Arief Hidayat. Komisi III sudah melepaskan Arief Hidayat jadi hakim Mahkamah Konstitusi.

” Jadi ini akan kita agendakan Bamus saat pagi hari ini. Semoga dapat disetujui untuk rapat paripurna segera, ” tutur Fadli.

Terkait hasil uji kelayakan pada Hadi Tjahjanto, Fadli yakini Kepala Staf TNI AU itu punyai kemampuan sebagai Panglima TNI. Dia juga mengharapkan Hadi dapat menyiapkan pertahanan manfaat hadapi beragam jenis potensi perseteruan yang ada.

” Yang kita saksikan di Laut China Selatan dan separatisme, dan beragam gosip beda yang mungkin diluar satu ancaman konvensional dan makin banyak karena globalisasi, asimetric warfare dan sebagainya gitu, ” kata Fadli.

Setelah paripurna DPR mengesahkan Marsekal Hadi, jadi lalu tinggal menanti pelantikan oleh Presiden Joko Widodo. Tentang saat pelantikan, DPR menyerahkan pada pemerintah.

” Saya pikir itu hak dari pemerintah ya. Tapi kan seperti disampaikan oleh Panglima TNI saat ini, Pak Gatot, itu juga menginginkan ada sistem yang cepat. Tidak ada masalah, itu kan sifatnya tehnis saja, ” lanjut Fadli. (ndi)

LEAVE A REPLY