Ilustrasi Drone

IDNEWS.CO.ID – Amerika Serikat tembak jatuh pesawat tanpa awak atau drone Iran di Selat Hormuz. Presiden AS Donald Trump menyatakan Angkatan Laut AS yang tembak jatuh drone Iran itu.

Diambil dari laman BBC, Trump mengatakan kapal amfibi USS Boxer ambil tindakan yang tepat dan defensif pada Kamis kemarin setelah drone ada dekati kapal itu sekitar 9000 yard atau sudah di jarak 914 meter dari kapal punya AS.

Sesaat Iran mengatakan tak merasakan kehilangan dronenya. Pada Juni lalu, Iran sendiri tembak jauh drone punya AS di ruang yang sama.

Lebih dini di hari Minggu lalu, Iran mengatakan sudah meredam tanker asing dan 12 crew karena dianggap ada mengendap-endap di perairan mereka. Iran disalahkan AS atas serangan pada tanker sejak Mei lalu tapi Iran menolak melakukan berbagai sabotase atas tanker asing.

Presiden AS Donald Trump menjadikan persekusi agama sebagai salah satunya kebijakan luar negerinya dan dia terima para korban persekusi dari pelosok dunia di Gedung Putih. –
Peristiwa buat peristiwa yang terjadi di perairan itu telah menimbulkan kecemasan akan pecahnya perseteruan di wilayah itu.

Sesaat berbicara di Gedung Putih, Donald Trump mengatakan,”Kapal Boxer kita melakukan tindakan defensif menentang drone Iran yang ada mendekat dan meniadakan berbagai peringatan yang sudah dikeluarkan. Drone itu membahayakan kapal dan krunya hingga mesti segera dihancurkan”.

Terkecuali itu Washington memperingatkan supaya Iran segera melepaskan tanker asing yang dimaksud ditahan otoritas wilayah Iran sejak hari Minggu. (ach)

LEAVE A REPLY