Dua Bom aktif milik jaringan pelaku bom bunuh diri di Medan diledakan.

IDNEWS.CO.ID – Dua Bom aktif yang ditemukan dalam pengeledahan di Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, diledakan oleh club paduan Densus 88 AntiTeror dan Brimob Polda Sumut. Dari jenis ledakan, dua bom ini memang punyai daya rendak, tapi penyatuan dengan material keras, bikin bom ini tetap cukup bahaya.

?Disposal atau peledakan dua bom itu, dilakukan di tempat Perkebunan PTPN ll Helvetia, Jalan Sei Bederah Jatian, Pasar III Lori, Dusun 20, Desa Klumpang Kebon, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (18/11/2019).

“Bom- bom ini berdayak ledak low eksplosif,” ucapkan seorang petugas Jibom Brimob Polda Sumut, terhadap wartawan.

Bom rakitan aktif itu, diambil alih di Sicanang, Kota Medan, Jumat 15 November 2019. Bom diyakinkan punya jaringan dari kelompok Rabbial Muslim Nasution alias Dedek (24), pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan.

“Ini hari kita melakukan disposal pada dua jenis tanda bukti adalah pertama dua container yang sudah siap jadi atau sudah terangkai dan satu pemusnahan beberapa bahan yang digunakan untuk membuat container tadi,” jelas Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto terhadap wartawan, usai Disposal.

Agus Andrianto menjelaskan, kedua bom itu berupa kaleng dan pipa paralon dengan daya ledak rendah.? Dalam perkara bom bunuh diri ini, Agus mengatakan sudah menyelamatkan 26 orang, dua salah satunya harus ditembak mati. Lantaran melakukan perlawanan pada petugas.

“Tanda bukti ini sempat dibuang oleh pelaku ke sungai dan sukses ditemukan oleh club yang cari tanda bukti itu dan pun beberapa bahan ini kita sita dari satu diantaranya TKP yang berada di Sicanang,” kata Agus.

Pelaku Perakit Diamankan

Tim paduan dari Densus 88 AntiTeror dan Polda Sumut telah tangkap tiga terduga yang merupakan kelompok dengan ?Muslim Nasution alias Dedek (24), pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan. Ke-tiga terduga berinsial P, HB dan C.?

“C merupakan bendahara dari kelompok ini, sementara P dan HB memilik (pekerjaan) keahlian untuk membuat bom,” kata Kapolda Sumut, ?Irjen Pol Agus Andrianto terhadap wartawan ?di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin sore, 18 November 2019.

Agus menjelaskan P dan HB ditangkap petugas Densus di kawasan Belawan, Kecamatan Medan, Kota Medan. Disamping itu, C menyerahkan diri dengan dibarengi Kepala Lingkungan ditempat ke Mako Polda Sumut.

” P dan HB ini ialah dua orang yang akan janji bertemu dengan tiga pelaku yang kemarin kita amankan di kawasan Hamparan Perak,” kata Agus.

Sekarang, petugas paduan terus melakukan pemburuan pada beberapa pihak yang terkait dalam jaringan atau kelompok teroris melakukan aksi intimidasi bom bunuh diri di Polrestabes Medan.(ndi)

LEAVE A REPLY