Ilustrasi bendera Amerika Serikat. Foto: Tribunnews.com

IDNEWS.CO.ID – Dua wanita Muslim Amerika, mengukir sejarah baru sebagai wanita Muslim pertama yang masuk ke Kongres Amerika Serikat, setelah Pemilu sela atau Pemilu paruh waktu diadakan pada Selasa (6/11/2018).

Perempuan berdarah Palestina, Rashida Tlaib dan perempuan Somalia-Amerika, Ilhan Omar terpilih sebagai anggota Kongres dari wilayah mereka masing-masing.

Dilansir dari laman Aljazeera, Tlaib dari distrik kongresional ke-13 Michigan, yang mana dia maju sebagai kandidat dari partai yang dominan di wilayah itu ,yakni Partai Demokrat. Sementara itu, Omar dari wilayah kongresional ke-5 Minnesota menggantikan Anggota Kongres Muslim pertama AS, Keith Ellison.

Lain, kini diketahui berusia 42 tahun. Dia lahir di Detroit, dari pasangan imigran Palestina. Dia sebelumnya juga sudah mencetak sejarah dengan memenangkan kursi legislator daerah Michigan. Programnya, antara lain menyejahterakan upah minimun dan memperjuangkan kebijakan kesejahteaan seperti kebutuhan medis dan jaminan kesehatan.

Sementara itu, Omar diketahui menginjak AS pada usia 14 tahun, karena keluarganya melarikan diri untuk menghindari perang sipil di Somalia.

Program yang diusung Omar, antara lain pelayanan kesehatan universal hingga uang kuliah gratis bagi masyarakat. (fat)

LEAVE A REPLY