Ilustrasi main HP/Gadget Foto: Keepo

IDNEWS.CO.ID – Menghabiskan waktu dengan internet, secara tidak sadar bisa merubah peranan otak. Kecanduan atau cuma sekadar suka main sosial media di internet bisa memberikan dampak negatif pada otak.

Menurut jurnal yang diterbitkan dalam World Psychiatry, internet bisa merubah konsentrasi dan perhatian seseorang. Soal ini pasti punya pengaruh pada peranan ingatan di otak dan interaksi sosial yang ditempuh.

Ditulis dari laman The Health Site, periset menemukan jika pemanfaatan internet yang tidak dibatasi, menimbulkan terbaginya konsentrasi dan perhatian otak. Ini tentu punya pengaruh pada penurunan kemampuan otak dalam mengontrol konsentrasi pada pekerjaan yang dikerjakan.

Pada kajian itu, periset melihat jika internet memiliki sumber informasi yang unik dan demikian besar yang memberikan rasa kecanduan pada otak. Sayangnya, jika digunakan berlebihan, berpotensi merubah peranan otak dalam menaruh ingatan bahkan nilai dan ilmu dan pengetahuan yang sudah berada pada otak.

Pemakaian internet berlebihan tak cuma punya pengaruh pada peranan kognitif di otak, akan tetapi pula pada kesehatan secara utuh. Pemanfaatannya berpotensi bikin mutu tidur mengalami penurunan, bahkan lebih buruk. Ke dua hal tersebut bisa bertindak pada sejumlah penyakit beresiko seperti serbuan jantung, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi sampai menurunkan skema imun.

Gak bingung, kajian itu bikin World Health Organization (WHO) pada tahun 2018 kemarin memberikan ketentuan berkaitan pemanfaatan internet untuk anak. Ketentuan yang berlaku itu mewajibkan beberapa anak umur 2-5 tahun cuma bisa menggunakan internet selama 1 jam perhari atau kurang dari itu. Soal ini untuk mempertahankan kesehatan peranan otak pada anak sejak dini. (ria)

LEAVE A REPLY