Lokasi Park and Ride.

IDNews.co.id – Rencana Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membangun fasilitas park and ride di kawasan Grand Indonesia, Cempaka Mas, Glodok dan Roxy, didukung Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI.

Ketua Komisi B (bidang transportasi) DPRD DKI Jakarta Tubagus Arief menuturkan, penyediaan areal parkir merupakan salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di ibukota.

Syarifuddin, anggota Komisi B DPRD DKI lainnya menambahkan, pembangunan fasilitas park and ride yang diiringi dengan pembenahan sarana tranpsortasi massal bisa merangsang masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Warga akan beralih menggunakan transportasi massal karena faktor keamanan, nyaman dan murah. Alhasi, kemacetan Jakarta bisa dikurangi,” kata dia.

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta akan membangun park and ride di empat lokasi ini akan bekerjasama dengan pihak swasta tanpa menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kita mau bangun di Kebon Kacang Grand Indonesia situ ya,” ujar Andri Yansyah, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Rabu (10/8/2016).

Selain itu, Dishubtrans DKI juga akan membangun park and ride di atas Kali Cideng dan Kali Item. Tiga lokasi tersebut akan menjadi lokasi prioritas. Andri mengatakan, pembuatan park and ride tersebut untuk mengantisipasi rencana penambahan area pelarangan sepeda motor.

“Sebelum kita perluas pelarangan kendaraan motor ya kita harus siapkan dulu park and ride-nya,” ungkap Andri.

Selain park and ride di atas saluran air, Dishubtrans DKI Jakarta juga berencana membuat park and ride di daerah-daerah penyangga dan juga di kolong fly over. Beberapa lokasi lain yang juga akan dibangun adalah di daerah Blok M dan Grogol. (ach)

LEAVE A REPLY