IDNEWS.CO.ID – Kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) kini mulai dipadati para pemohon Surat Izin Mengemudi hingga antrean pun mengular. Ini karena imbas penutupan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi Covid-19.

Akan tetapi, pihak Kepolisian meminta masyrakat untuk tidak buru-buru dalam mengurus SIM. Sebab, dispensasi pengurusan SIM yang masa berlakunya habis saat masa PSBB diperpanjang hingga tanggal 31 Agustus.

Selain itu, proses perpanjangan SIM A dan C juga bisa dilakukan secara online dan sangat mudah caranya tak perlu pakai antre juga. Untuk cara perpanjang SIM, pemohon bisa buka websita http://sim.korlantas.polri.go.id.

Lalu masuk dalam pilihan menu registrasi online, lalu pilihlah menu Pendaftaran SIM Online, seperti dilansir dari situs NTMC Polri. Kemudian, Anda akan melihat Informasi Pendaftaran Online yang terdapat di halaman yang sama.

Anda juga bisa melihat lokasi Satpas, keterangan persyaratan, panduan penggunaan website dan formulir data permohonan yang wajib diisi. Saat memilih kantor Satpas dan lokasi yang mau dituju, piliha yang terdekat dengan lokasi Anda.

Sebab itu berpengaruh kepada proses perpanjangan SIM. Jika kamu datang ke tempat selain yang dipilih, maka proses penerbitan SIM tidak dapat dilakukan. Apabila sudah selesai memilih lokasi, maka melanjutkan dengan mengisi data pribadi di formulir selanjutnya.

Setelah mengisi formulir data pribadi, Anda bisa lanjut mengisi formulir informasi Data Keadaan Darurat. Di halaman selanjutnya, Anda akan disuruh mengisi Konfirmasi Data Input, dan pastikan semua informasi yang dimasukkan telah sesuai. Setelah semuanya selesai dan dipastikan sesuai dengan data pribadi, Anda bisa memilih tanggal pengambilan sim.

Langkah terakhir, klik kirim dan setelah itu akan muncul halaman konfirmasi registrasi online, yang menyatakan Anda berhasil melakukan perpanjangan dan akan mendapatkan bukti registrasi online yang akan dikirim melalui e-mail. Dengan registrasi SIM online pun telah selesai.

Bayar dan Ambil SIM

Selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya yang ditagihkan untuk perpanjangan SIM langsung ke ATM, EDC, ataupun teller di seluruh lokasi Bank BRI. Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) perpanjangan SIM sesuai PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, yakni Rp80 ribu untuk SIM A dan Rp75 ribu untuk SIM C.

Selain PNPB terkait layanan SIM Online, terdapat administrasi sebesar Rp5 ribu. Untuk memperpanjang SIM secara online, Anda akan diminta menjalani pemeriksaan kesehatan. Pada tahapan ini, kamu harus menyiapkan surat keterangan kesehatan mata untuk proses perpanjangan SIM karena itu menjadi salah satu persyaratan wajib. Jadi, pastikan kamu melakukan tes buta warna untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan mata. (ach)

LEAVE A REPLY