Ilustrasi daging kambing.

IDNEWS.CO.ID – Setelah Idul Adha, banyak masyarakat yang menyajikan makanan dengan bahan utama daging kambing. Sering diklaim bahwa daging kambing menjadi sumber penyakit, ternyata khasiatnya juga cukup banyak, lho.

Daging kambing adalah salah satu sumber protein yang banyak diminati masyarakat di dunia. Di Tanah Air, ada banyak jenis olahan daging kambing, mulai dari sate, gulai, sop hingga tongseng yang kental dengan kuah santannya.

Meski banyak peminat, tak sedikit juga yang anti mengonsumsi daging merah yang satu ini. Selain karena aromanya cukup tajam, daging kambing juga disebut sebagai penyebab meningkatnya tekanan darah.

Yuk, kenali mitos dan faktanya yang dijelaskan oleh spesialis gizi klinis, dr. Christopher Andrian, Sp.GK, serta cara memilih daging yang sehat dan segar oleh dr. Reinita Arlin dan dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa 13 Agustus 2019.

Selain itu, akan dibahas mengenai charcoal atau arang aktif yang kini makin marak. Bukan hanya di jadikan tambahan dalam makanan, charcoal juga dijadikan untuk perawatan tubuh seperti masker, pasta gigi dan pembersih wajah.

Namun, arang yang dimaksud di sini bukanlah arang yang digunakan untuk membuat bara api, melainkan karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami.

Di samping untuk perawatan kecantikan, katanya, pemakaian charcoal juga bisa hilangkan bau badan. Hal ini akan dijelaskan lebih detail oleh spesialis farmakologi klinis, dr. Tulus Satriasih, Sp.FK.

Selanjutnya, akan ada mitos dan fakta mengenai sirosis. Sirosis hati adalah pengerasan hati yang terjadi karena kerusakan pada fungsi hati kronis. Salah satunya diakibatkan oleh konsumsi obat dan kebiasaan minum alkohol. Penyakit ini tergolong mematikan dan berisiko tinggi menyebabkan kanker hati namun bisa dicegah agar kerusakan tak memperparah fungsi dan kerja hati dengan mengubah pola hidup.

Spesialis penyakit dalam dr. Irsan Hasan, Sp.PD-KGEH akan memaparkan detailnya dalam acara yang sama. Anda juga bisa menyaksikan tayangannya secara streaming melalui laman ini. (ldp)

LEAVE A REPLY