Petinju Evander Holyfield saat mendapat perawatan

IDNEWS.CO.ID – Legenda tinju dunia, Lennox Lewis menaruh hormat kepada Evander Holyfield. Menurutnya, Holyfield merupakan petinju yang paling tangguh yang pernah ia temui selama kariernya. 

Lewis punya alasan mengapa menyematkan status itu kepada Holyfield. Padahal, dalam dua pertemuan dengannya, Holyfield tak sekalipun meraih kemenangan. Lewis mampu mengalahkan Holyfield satu kali, dan satu pertarungan lainnya berakhir imbang. 

Bagi Lewis, Holyfield petinju yang lengkap. Sebab, sebelum tampil di tinju profesional, Holyfield lebih dulu menjajaki tinju amatir. 

“Orang-orang akan terkejut saat saya memberi tahu mereka bahwa Holyfield adalah lawan terberat saya. Holyfield, seperti saya, memiliki pengalaman amatir yang baik sebelum masuk ke karier profesional. Ketika Anda benar-benar memahami mengapa itu terjadi, baru Anda bisa menganggapnya masuk akal,” kata Lewis di akun instagtramnya.

Baca Juga: Saat Mike Tyson Ingin Selamatkan Gorila dengan Cara yang Gila

“Anda akan menyadari kesuksesan yang ia miliki di atas ring. Saya pernah bertemu dengannya dua kali, dia tahu saya dua kali menang meski dia tidak akan mengakuinya. Tetapi secara serius, dia adalah satu-satunya orang yang menjalani pertarungan 24 ronde dengan saya,” ucap memiliki sabuk juara dunia versi WBA, WBC, IBO, dan IBF itu.

Holyfield merupakan juara dunia di dua kelas berbeda. Dia mengawali karier sebagai petinju amatir. Holyfield berhasil meraih perunggu kelas berat ringan di Olimpade Los Angeles 1984. Setelah itu, ia terjun ke tinju profesional.

Holyfield mendapatkan gelar juara dunia pertama pada 25 Oktober 1990 dengan menang KO ronde 3 atas penakluk Mike Tyson, James “Buster” Douglas.

Pertarungan Holyfield yang pernah menggermparkan dunia adalah ketika dua kali menghadapi Miky Tyson. Pertama, Holyfield menang lewat TKO ronde 11 dalam pertarungan yang digelar di Las Vegas pada 9 November 1996.

Kemudian, Holyfield kembali menang. Namun, dia menang setelah Mike Tyson didiskualifikasi. Ya, pertarungan yang digelar pada 28 Juni 1997 berakhir kontroversial. Holyfield harus menjadi korban kelicikian Tyson. 

Kulit telinga Holyfield robek akibat digigit oleh Tyson. Holyfield memutuskan pensiun dari dunia tinju pada 5 Mei 2011. Selama kariernya, Holyfield mengukir rekor 44-10-2-1 no contest (29 KO).

Baca Juga: 

Parah, Mike Tyson Pernah Ke Dukun Agar Lolos dari Hukuman Pemerkosaan

Kisah Frustrasi Mike Tyson di Penjara, Pukulan Maut Menerjang Tahanan

Bisnis Ganja Laris Manis, Mike Tyson Kantongi Rp10 Milar Per Bulan

LEAVE A REPLY