BWF World Tour.

IDNEWS.CO.ID – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal melaju ke semifinal BWF World Tour Super 750, Denmark Open 2019, setelah di perempatfinal dihajar Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Dalam pertarungan yang dilangsungkan di Odense Sportspark, Odense V, Denmark, Sabtu dinihari, 19 Oktober 2019, Fajar/Rian dikalahkan cuma dalam dua game saja.

Di game pertama, Takeshi/Keigo langsung saja menggempur pertahanan Fajar/Rian. Mereka menggempur dengan serangan cepat mendatar yang dikombinasi dengan smes-smes maut.

Meski sempat membuka game dengan 1 angka, tapi terlihat juara Korea Open 2019 itu agak sedikit panik dengan serangan itu. Alhasil duo Jepang itu mampu unggul 1-4.

Dalam kondisi itu Fajar/Rian berusaha lepas dari tekanan penguasa ranking 4 dunia itu. Beberapa kali memang berhasil, tapi Fajar/Rian sering membuat kesalahan yang menguntungkan Takeshi/Keigo, terbukti di jeda pertengahan game mereka tertinggal 8-11.

Usai jeda Rian membuat sebuah kesalahan, bola pengembaliannya tersangkut di net hingga Takeshi/Keigo menambah keunggulan 8-12. Meski sempat mendapatkan angka melalui smes keras Rian, tapi Takeshi/Keigo membalas dengan dua angka beruntun hingga jarak angka semakin melebar 9-15.

Mendekati akhir game Fajar/Rian mendapatkan 3 angka akibat kesalahan dari lawannya, poin pun menipis jadi 15-12. Kedua pasangan sempat berbagi angka, sayangnya Fajar/Rian masih sering memberikan bola-bola manis untuk lawan, angka pun berubah 14-17.

Jarang sekali terlihat Fajar/Rian melepaskan smes-smes mematikan ketika menghajar Takeshi/Keigo di final Korea Open pekan lalu. Dan akhirnya Takeshi/Keigo menutup game dengan kemenangan 21-15 dalam 14 menit.

Di game kedua Fajar/Rian mulai bermain agak tenang meskipun baru saja kalah di game pertama. Terbukti setelah terjadi reli poin di awal mereka mampu unggul 9-5. Dan mereka berhasil unggul 11-7 di jeda pertengahan game.

Selepas jeda, terlihat Fajar/Rian mulai meningkat tensi pertandingan, Rian mulai menggempur dengan smes-smes tajam ke tengah area pertahanan lawannya itu, hasilnya sangat baik. Mereka berhasil menjebol pertahanan Takeshi/Keigo.

Hanya saja sangat disayangkan, Fajar/Rian masih sering membuat kesalahan yang tak penting hingga menguntungkan lawannya, hal itu membuat perolehan poin menipis jadi 13-12.

Mendekati akhir game reli poin masih terjadi, meski begitu Fajar/Rian masih bisa mempertahankan keunggulan pada skor  17-14.

Sayang kali ini Fajar/Rian kurang sabar dalam meladeni bola-bola pendek cepat dari lawannya, dampaknya cukup fatal, beberapa kali mereka  membuat kesalahan yang membahayakan sebab perolehan poin kembali menipis 17-16.

Laga semakin menegangkan ketika angka tipis terus terjadi pada kedudukan 19-18. Bahkan di menit 34 poin sama kuat  19-19. Dan, Takeshi/Keigo berhasil membalikkan angka jadi 19-20 akibat bola dari Fajar kembali berurusan dengan net dan akhirnya sebuah smes  keras dari Keigo menjebol pertahanan Fajar, Takeshi/Keigo pun merebut kemenangan 21-19 di menit 35

Dengan kemenangan ini maka mereka akan berhadapan dengan sang Juara Dunia 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal. Penguasa ranking 2 dunia itu telah lolos lebih dahulu usai menghabisi Juara Asia 2019, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di perempatfinal.

Pertarungan ini merupakan pertemuan ke 11 antara Fajar/Rian dengan Takeshi/Keigo. Dalam 10 pertemuan sebelumnya mereka sama-sama 5 kali saling mengalahkan. Hanya saja dalam dua pertemuan terakhir Fajar/Rian selalu menang. Yakni di perempatfinal China Open 2019 dan final Korea Open 2019.

Baca: Hebat, Tommy Sugiarto Akhirnya Lolos Semifinal Denmark Open 2019

LEAVE A REPLY