Dora and The Lost City of Gold Foto: Den of Geek

IDNEWS.CO.ID – Diangkat dari serial animasi, Dora The Explorer, sutradara James Bobin menjadikan tokoh Dora sebagai live action. Berbeda jauh dengan animasinya, Dora kini diceritakan 10 tahun lebih tua dari versi kartun. Dora yang beranjak remaja menghadapi masalah yang dialami sebayanya.

Bergaul dengan sekitar, perubahan dalam tubuh juga hubungan dengan orangtua. Bedanya, Dora remaja yang diperankan Isabela Moner tak pernah meninggalkan hutan sedari kecil.

Ia dituntut orangtuanya untuk mencari kehidupan lain di kota. Sementara kedua orangtuanya yang diperankan Michael Pena dan Eva Longoria mencari kota emas yang hilang. Dora tak diizinkan ikut.

Di kota, ia tinggal bersama sepupunya Diego (Jeff Whalberg). Sepupu Dora tersebut sudah berubah sikap semenjak tak lagi tinggal di hutan. Sementara Dora harus berupaya memahami sekitar yang selama ini tak pernah ditemuinya.

Di tengah upaya tersebut, Dora kehilangan kabar dari orangtuanya. Suatu insiden buat Dora, Diego dan dua orang temannya mencari orangtua Dora. Petualangan pun dimulai.

Film untuk semua usia ini menghadirkan kelucuan sepanjang film. Selama 101 menit, live action tersebut mampu menyelipkan dan mempertahankan karakter Dora yang kuat dalam animasi.

Seperti diketahui, Dora gemar bernyanyi, bertanya sampai tas ransel dan peta yang dapat bicara ada dalam film ini. Tapi jangan khawatir, hal itu diselipkan sebagai komedi dan dibuat senyata mungkin.

Kehadiran secuplik animasinya di film ini juga buat kelucuan yang mampu mengundang tawa. Jalan cerita Dora and The Lost City of Gold dibuat ringan.

Meski begitu tetap ada beberapa hal menjanggal, karakter sweeper yang agak dipaksakan dan animasi sahabat Dora, monyet bernama Boots yang terasa kurang sempurna.

Latar tempat yang diceritakan di hutan juga terasa janggal karena sungguh terasa buatannya alias tidak alami atau dilakukan sebagian besar dalam studio. Namun film ini mengajak untuk nostalgia dan tertawa, logika seperti di atas akan tertutup jika mengincar film ini untuk senang-senang semata. (ria)

LEAVE A REPLY