Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Sampai kini banyak yang merasa jika masalah tiroid cuma terjadi pada seseorang dewasa. Akan tetapi, perkara tiroid ternyata juga bisa menyerang semuanya tahap umur bahkan dari bayi baru lahir.

“Hormon tiroid pada beberapa anak memiliki manfaat penting dalam perubahan dan perkembangan otak semasa emas pertumbuhannya. Masalah tiroid pada anak bisa terjadi sejak janin dalam kandungan atau baru nampak bersamaan bertambahnya umur,” papar dokter ahli endokrin anak, Dr Andi Nanis Sacharina, SpA (K), saat didapati di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Masalah tiroid pada anak musti dicermati. Lantaran hal ini dapat menyebabkan retardasi mental pada anak. Walaupun demikian, hal tersebut hakikatnya dapat di cegah.

“Retardasi mentaI gara-gara hipotiroid kongenital dapat di cegah jika hipotiroid kongenital terdiagnosa sangatlah dini dan penyembuhan dimulai sedini mungkin,” katanya

Oleh karena itu, lanjut ia, tindakan kontrol tiroid pada ibu hamil dan skrining hipotiroid kongential (SHK) pada bayi baru Iahir bisa jadi tindakan defensif pada masalah tiroid. Terkecuali itu, kontrol kesehatan secara periodik dan mengawasi kebersihan lingkungan penting dilakukan sebagai usaha pencegahan.

“Gerakan Orang Hidup Sehat (GERMAS) merupakan satu tindakan sistematis dan terencana yang direncanakan oleh Kementerian Kesehatan dan dilakukan secara bersama untuk menaikkan mutu hidup,” kata Direktur Promo Kesehatan dan Pemberdayaan Orang (Promkes), dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes.

Dia meneruskan, dengan menempatkan budaya hidup sehat, diinginkan fungsi yang didapat berbentuk penambahan mutu kesehatan, penambahan produktivitas orang. Dengan demikian berbagai jenis penyakit termasuk masalah tiroid dapat di cegah.

Jadi informasi, sekitar 1.6 miliar orang di dunia diperkirakan beresiko mengalami masalah tiroid, dan sekitar ratusan juta orang hidup dengan masalah tiroid saat ini. Indonesia yang mendiami urutan sebagai negara dengan masalah tiroid paling tinggi di Asia Tenggara“, memiliki setidaknya 17 juta orang Indonesia mengalami masalah tiroid.(ria)

LEAVE A REPLY