Ilustrasi Ganjil Genap Foto: Moeslim Choice

IDNEWS.CO.ID – Kebijakan skema ganjil genap di Ibu Kota ini hari, Jumat 3 Januari 2020, sudah diresmikan . Masalah ini disampaikan Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Fahri Siregar.

“Diinformasikan untuk penetapan Kendaraan dengan skema ganjil genap ini hari diresmikan,” kata Fahri, Jumat, 3 Januari 2020.

Dengan demikian, kebijakan skema ganjil-genap sudah normal kembali, saat pukul pagi dimulai sejak jam 06.00 WIB sampai jam 10.00 WIB. Sedangkan untuk jam malam, kebijakan ganjil-genap diketahui dimulai pada jam 16.00 WIB sampai jam 21.00 WIB.

Sebelumnya, kebijakan ini ditiadakan sejak malam perubahan tahun, karena ada Car Free Night di Ibu Kota. Kebijakan ini pula ditidakan tanggal 1 Januari 2020 karena libur tahun baru.

Harusnya, kebijakan ini normal kembali pada Kamis 2 Januari 2020. Tetapi karena banjir yang masih mengepung Jakarta sejak 1-2 Januari, kebijakan ini kembali ditiadakan.

Karena banyak berjalan-jalan yang terbenang banjir, hingga apabila kebijakan tetap diadakan akan berpengaruh pada tumpukan kendaraan yang benar-benar subtansial. Menyebabkan, akan membuat kemacetan panjang di Ibu Kota.

Hampir semua kawasan Ibu Kota dari utara sampai selatan tak lepas dari banjir. Tidak sekedar jalan raya, air bahkan membanjiri pusat perbelanjaan, tempat beribadah, rumah sakit, sampai pool taksi juga tak lepas diterjang. (fat)

LEAVE A REPLY