Ilustrasi pesawat terbang.

IDNEWS.CO.ID – Pendaratan pesawat darurat biasanya dilakukan karena kejadian yang begitu mendesak. Tapi sebuah pesawat baru-baru ini dikabarkan terpaksa mendarat karena sebab yang tak terduga yang terbilang unik.

Hal tersebut lantaran sebuah paket durian keluar dari kabin pesawat. Tidak hanya harus melakukan pendaratan darurat, pilot juga meminta penumpang untuk memakai masker oksigen.

Peristiwa langka itu terjadi ketika pesawat Jet Air Canada Rouge baru saja lepas landas ke Vancouver dari Montreal. Saat itu kru mendeteksi bau yang kuat di dalam pesawat Boeing 767. Demikian dilansir dari The Independent, Rabu, 9 Oktober 2019.

Awak kabin ingin menyelidiki sumber bau yang menyebar ke seluruh kabin. Ketika itu, bau tersebut tidak dapat dideteksi, sehingga pilot membuat permintaan untuk pendaratan darurat, menurut Flight Global.

Seluruh penumpang diminta mengenakan masker oksigen dan pesawat pun kembali ke Montreal, di mana akhirnya ditemukan bahwa bau itu berasal dari paket buah durian di kompartemen kargo depan.

Pesawat itu mendarat dengan selamat dan semua 245 penumpang dan delapan anggota awak tidak terluka.

Durian, yang dikenal sebagai raja buah-buahan  berasal dari Asia Tenggara dan terkenal dengan aromanya yang khas, yang oleh beberapa orang digambarkan sebagai bau bawang busuk, selokan atau muntah.

Bau itu sering melekat, itulah sebabnya hotel-hotel dan jaringan transportasi umum di seluruh Asia melarangnya. (rna)

LEAVE A REPLY