Ilustrasi bakteri dan virus.

IDNEWS.CO.ID – Virus corona (nCov) sudah positif menjangkiti hingga 59 orang di Wuhan, China, dan menyebabkan di antaranya dua kematian. Meski tak ada lagi kasus baru di kota itu, namun negara-negara lain sudah terdeteksi penyebaran virus misterius tersebut. Bahkan, kini Indonesia diduga sudah ikut tertular.

Hal ini terlihat dari informasi yang beredar terkait langkah antisipasi coronavirus di Gedung BRI 2 dan BRI 1 Jakarta. Di situ terdapat informasi bahwa pada hari ini, 23 Januari 2020 pukul 15.00, Building Management di gedung itu tengah memastikan kabar mengenai karyawan yang terindiksi terkena virus corona di lantai 17 dan 19.

Langkah selanjutnya yaitu memastikan pintu darurat terkunci dari dalam tangga darurat. Kemudian, pemisahan lift khusus untuk tenant Huawei untuk lantai 11, 17, 18, 19, 20, 22, 26, 27.

Selanjutnya, tim kemudian koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan terkait penanganan isu virus corona dalam rangka penyemprotan. Selagi menunggu konfirmasi, tim juga menyusun courtesy untuk internal dan nasabah KCK untuk seterusnya menyusun pernyataan pada media.

Sebelumnya, Kemenkes RI juga menegaskan tiga kondisi di mana perlu dicurigai sebagai kasus infeksi nCov. Yaitu, penderita infeksi saluran pernafasan akut berat (Severe Acute Respiratory Infection/SARI), penderita SARI dengan riwayat demam dan batuk serta penyebab yang belum pasti, dan disertai salah satu di antara:

– Memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di Wuhan dalam waktu 14 hari sebelum timbul gejala.

– Petugas kesehatan yang sakit dengan gejala SARI setelah merawat pasien SARI.

Selain itu, seseorang yang sakit dengan gejala klinis yang tidak biasa, kemudian terjadi penurunan kondisi umum mendadak meski telah menerima pengobatan yang tepat, tanpa memperhatikan tempat tinggal atau riwayat perjalanan. Penderita Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan penderita ISPA ringan atau berat, yang dalam 14 hari sebelum timbulnya penyakit, telah terpajan dengan:

– Kontak erat dengan kasus positif infeksi nCov

– Mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan di negara terjangkit nCov

– Mengunjungi atau bekerja di pasar hewan di Wuhan, Cina

– Memiliki riwayat kontak dengan hewan di negara terjangkit nCov pada hewan atau pada manusia akibat penularan hewan (zoonosis).

LEAVE A REPLY