Ilustrasi gempa bumi Iran

IDNews.co.id – Gempa berkekuatan 7, 3 taraf richter mengguncang wilayah perbatasan Irak-Iran pada Minggu larut malam, 12 November 2017. Sekitar 61 orang dilaporkan tewas dan 300 yang lain luka-luka.

Dilansir ArabNews, Senin (13/11/2017), gempa mengguncang Kota Halabja, Khanaqin, Darbandikhan, 75 km samping timur Provinsi Sulaimaniyah, Irak.

Jaringan Berita Republik Islam Iran mengutip Kepala Layanan Medis Darurat Iran, Pirhossein Koulivand, mengatakan setidaknya 61 orang sudah terbunuh dan 300 yang lain terluka di bagian perbatasan Iran.

TV pemerintah Iran juga mengemukakan kalau petinggi Irak melaporkan kurang lebih enam orang tewas di Irak. Kemudian 50 orang dilaporkan terluka di provinsi Sulaimaniyah dan kota Khanaquin.

Menteri Kesehatan Kurdi Rekrem Hama Rasheed dilansir Reuters, mengemukakan di bagian Irak, kerusakan paling luas terjadi di kota Darbandikhan. Lebih dari 30 orang terluka di kota itu.

” Kondisinya sangatlah gawat, ” kata Rasheed pada Reuters.

Rumah sakit utama di distrik itu rusak kronis dan listrik terputus. Hingga warga yang terluka dibawa ke Sulaimaniyah untuk perawatan.

Berdasarkan survey Geologi AS, pusat gempat berpusat 19 mil atau sekitaran 31 kilometer diluar kota Halabja, Irak timur. (ndi)

LEAVE A REPLY