Gempa Bumi. Foto: Metrotvnews.com

IDNews.co.id – Gempa bumi merupakan satu bencana yang menakutkan akhir-akhir ini. Bisa dilihat betapa mengerikan efek yang ditimbulkan akibat bencana gempa bumi, terlebih disertai tsunami dan likuifikasi seperti yang terjadi di Palu dan Donggala baru-baru ini.

Banyak yang menghubungkan fenomena ala mini dengan akhir zaman dan kiamat. Bukan tanpa sebab, karena ternyata ada banyak hadits yang mengabarkan tentang hal ini. Kira-kira benarkah jika seringnya terjadi gempa merupakan salah satu tanda kiamat akan tiba? Disini kita akan berikan informasi tentang hubungan gempa dan kiamat sesuai dengan yang dijelaskan dalam beberapa hadits.

1. Kiamat tidak akan terjadi sebelum adanya gempa-gempa

Ternyata sejak berabad yang lalu, Rasulullah sudah menyampaikan tentang hadirnya gempa-gempa sebelum datangnya hari kiamat.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
‘Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi.” (HR. Bukhari)

2. Gempa akan terjadi dalam waktu lama/bertahun-tahun

Bahkan dalam riwayat lain disebutkan jika munculnya gempa bumi akan terjadi dalam waktu yang cukup lama hingga beberapa tahun

Dari sahabat Salamah bin Nufail as-Sakuni radhiallahu ‘anhu, beliau berkata,
“Kami pernah duduk-duduk bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam… (lalu beliau menuturkan haditsnya) dan sebelum Kiamat ada dua kematian yang sangat dahsyat, dan setelahnya terjadi tahun-tahun yang dipenuhi dengan gempa bumi.” (HR. Ibnu Majah, shahih)

3. Gempa akan terjadi di seluruh penjuru bumi

Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan gempa bumi terjadi hampir di seluruh penjuru bumi. Beliau berkata,

“Sungguh gempa banyak terjadi pada negara-negara di utara, timur dan barat, namun yang nampak dari maksudnya lafadz ‘banyak’ adalah mencakup keseluruhan dan terjadi terus-menerus.” (Fahul Bari 31/93-94)

4. Gempa dahsyat juga menenggelamkan orang kedalam perut bumi

Dalam hadits lain disebutkan pula tanda kiamat yang luar biasa menakutkan, yakni terperosoknya orang kedalam belahan bumi akibat gempa dahsyat.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Menjelang tibanya hari Kiamat akan ada (orang-orang) yang dirubah bentuknya, ditenggelamkan ke dalam bumi, dan dilempari batu.” (HR. Ibnu Majah, shahih)

5. Banyaknya kekhilafan membuat gempa dan kiamat makin dekat

Secara umum, kiamat memiliki beberapa tanda berupa terjadinya gempa bersama bencana dan masalah-masalah yang besar.

Abdullah bin Hawalah radhiallahu ‘anhu berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meletakkan kedua tangannya di atas kepalaku, lalu beliau berkata, ‘Wahai Ibnu Hawalah! Jika engkau melihat kekhilafahan telah turun di atas bumi-bumi yang disucikan, maka telah dekatlah gempa, bencana dan masalah-masalah besar, dan hari Kiamat saat itu lebih dekat kepada manusia daripada dekatnya kedua tanganku ini dari kepalamu.’” (HR. Ahmad, shahih)

Jika Banyak terjadi bencana gempa, maka lakukanlah ini..

Ketika banyak gempa terjadi, maka Anda harus banyak introspeksi diri, karena bisa jadi kejadian ini merupakan tanda dan peringatan agar manusia bertaubat dan kembali pada Allah Subhanallahu Wa Taala.

Ibnu Mas’ud berkata ketika terjadi gempa,
“Wahai manusia, sesungguhnya Allah menginginkan kalian untuk kembali, maka kembalilah pada-Nya.” (Tafsir At-Thabari 17/478)
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

source : www.muslim.or.id

LEAVE A REPLY