IDNEWS.CO.ID – Cinta Penelope dikabarkan menderita kanker stadium 3, yang dia katakan saat merilis buku pertamanya yang berjudul ‘Sebelum Titik’. Gerry Iskak menyebutkan berniat untuk mendonorkan stem cell miliknya untuk membantu kesembuhan sahabatnya itu.

“Ya Insyaallah kalau kita bisa bantu, kita bantu itu aja sih. Pada intinya jika kita dapat bantu aku akan bantu, sebab kan semua juga butuh proses ya, tidak bisa sembarangan juga, ada proses dari kedokteran juga,” kata Gerry Iskak waktu acara ultah Cinta Penelope di Jagakarsa, Jakarta Selatan, diambil dari IDNEWS.CO.ID, baru-baru ini.

Stem cell atau sel punca merupakan sel-sel yang di produksi oleh sumsum tulang yang bisa berubah menjadi sel-sel lainnya, salah satunya sel darah. Sumsum tulang merupakan jaringan lunak yang berada di tulang belakang, demikian tulis situs American Cancer Society.

Transplantasi sel punca biasanya digunakan untuk menangani beberapa jenis penyakit yang terkait dengan darah, seperti kanker darah. Prosedur ini berfungsi untuk menggantikan sumsum tulang yang rusak dan membuat sel-sel punca yang baru yang bisa memproduksi sel-sel darah merah sehat yang baru juga.

Sel punca dapat didapatkan lewat donor (allogeneic) maupun diambil dari tubuh sendiri (autologous). Untuk donor, sangat penting untuk mendapatkan yang cocok, sebab adanya protein tertentu dalam sel darah putih yang disebut human leukocyte antigens (HLA) yang bisa beresiko menimbulkan penyakit graft-versus-host (GVHD) bila tidak cocok.

Donor sel punca umumnya didapatkan dari kakak atau adik juga orangtua. Setelah mendapatkan donor, pasien akan menerima kemoterapi (radiasi maupun tanpa radiasi), lalu sel punca donor akan dimasukkan melalui infus secepatnya.

(ndi)

LEAVE A REPLY