IDNews.co.id – GerakanPersaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) DKI Jakarta menyoroti kekosongan kursi wakil gubernur DKI Jakarta yang ditinggal Sandiaga Uno setelah maju sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto.

GPMI menyatakan sikap untuk menggadang nama M Taufik selaku ketua DPD Gerindra DKI Jakarta untuk mengisi kekosongan kursi DKI 2. Demikian diungkapkan Ketua PW GPMI DKI Jakarta Yunasdi didampingi Wakil Ketua PW GPMI DKI Ridwan Umar dan Nasa, Jumat, (14/9), di Jakarta.

Yunasdi mengatajan, sikap PW GPMI DKI diambil dengan memperhatikan bahwa kekosongan jabatan wakil gubernur pasca pengunduran diri Sandiaga Uno, maka dibutuhkan seorang figur pengganti. “Pak Taufik memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mendampingi Pak Anies. Beliau (Taufik) mumpuni sebagai wagub DKI. Beliau ini sebelum terjun ke politik adalah seorang aktivis LSM yang fokus pada masalah ibu kota,” tandas dia.

Menurut dia, saat terjun ke politik sebagai ketua Gerindra DKI, terbukti Taufik sukses mengantarkan Jokowi sebagai gubernur DKI. Termasuk mengantarkan duet Anies – Sandi sebagai pemenang pada Pilgub 2017 lalu. Bahkan, di kalangan para aktivis dan tokoh politik ibu kota, sosok Taufik sudah dikenal. “Kami juga berharap agar dukungan ini tak sampai mempengaruhi koalisi partai pengusung Prabowo – Sandi di Pilpres 2019,” kata Yunasdi.

Selain itu, kata Yunasdi, pihaknya mengharapkan kepada anggota DPRD DKI Jakarta agar memilih M Taufik sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Hal itu sesuai dengan pasal 24 dan 25 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD provinsi, kabupaten dan kota.

Wakil Ketua PW GPMI DKI Ridwan Umar mengungkapkan hal senada. Menurut dia, peraturan pemerintah tersebut, salah satu tugas dan wewenang DPRD provinsi, kabupaten, kota adalah memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah atau wakil kepala daerah dalam hal terjadi kekosongan untuk sisa masa jabatan lebih dari 18 (delapan belas) bulan. “PW GMPI mendesak DPRD DKI Jakarta segera memilih M Taufik sebagai wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno,” tukas Ridwan. (man)

LEAVE A REPLY