Saifullah Yusuf atau Gus Ipul Foto: Okezone

IDNEWS.CO.ID – Ada yang menarik dalam acara Mohon Diri Purna Tugas Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam (11/2/2019).

Dari pihak yang berpamitan, hanya Gubernur Soekarwo atau Pakde Karwo yang hadir. Sementara wakilnya, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul tak tampak di lokasi.

Kegiatan itu adalah semacam acara pamitan Soekarwo-Saifullah Yusuf selama menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode, sebelum purna tugas per 12 Februari 2019.

Acara dihadiri pejabat Forkopimda, kepala daerah se Jatim, dan pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Jatim yang akan dilantik, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Tetapi hingga acara berakhir, Gus Ipul tak tampak di lokasi. Dalam sambutan dan ucapan pamit, Pakde Karwo hanya menyampaikan bahwa Gus Ipul tengah melaksanakan tugas khusus. “Pak Wagub sedang tugas khusus,” kata Pakde Karwo.

Menggandeng Puti Guntur, Gus Ipul adalah calon Gubernur Jatim yang berkontestasi dengan Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim 2018 lalu. Namun, perolehan suara Gus Ipul kalah banyak dengan Khofifah. Alhasil, Khofifah-Emil yang terpilih dan akan dilantik pada Rabu (13/2/2019).

Tidak ada keterangan resmi apakah ketidakhadiran Gus Ipul di acara pamitan di Grahadi berhubungan dengan pertarungan Pilgub Jatim tahun lalu. Namun, sehari sebelum acara, Minggu malam (10/2/2019), Gus Ipul bertamu ke rumah Khofifah di Jemursari Surabaya.

Gus Ipul silaturrahim dengan agenda mengantarkan surat undangan ke Khofifah untuk hadir di acara Pramuka di Lapangan Kodam V/Brawijaya pada Selasa (12/2/2019). Dalam pengurus Pramuka, Gus Ipul memang menjabat Ketua Kwartir Daerah Jatim. Pertemuan dua tokoh lama berseteru secara politik itu berlangsung gayeng. (fat)

LEAVE A REPLY