Ilustrasi gigi.

IDNEWS.CO.ID – Gigi mudah tanggal biasanya banyak terjadi pada anak- anak dan lansia. Namun siapa sangka orang dewasa juga mudah mengalami gigi tanggal.

Gigi tanggal pada orang dewasa biasanya terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Penumpukan plak dan karang gigi menyebabkan gusi mudah berdarah sehingga bisa menyebabkan gigi tanggal.

Spesialis gigi, drg. Tengku Annisa Utami, MARS mengatakan gusi yang sering berdarah bisa memicu gigi orang dewasa mudah tanggal.

“Berdarah artinya gusi kita mengalami peradangan, sehingga rentan goyang, lalu tanggal sendirinya.,” ujarnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne Jumat 30 Agustis 2019.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa peradangan gigi terjadi karena karang gigi dari sisa makanan yang tak pernah diersihkan.

“Itu bisa memicu kuman yang jika dibiarkan berlama-lama akan merusak jaringan pendukung gigi,” ujarnya.

Karena itu ia menyarankan sebaiknya serius membersihkan karang gigi. Lebih lanjut Annisa memberikan tips bagaimana membersihkan gigi agar terbebas dari karang gigi.

“Sikat gigi 2 kali sehari pagi setelah makan dan sebelum tidur. Lalu gunakan sikat gigi yang benar dengan cara yang benar. Halus dan dengan gerakan gosok memutar.”

Selain itu kamu juga bisa gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan gigi yang tidak terjangkau sikat.

LEAVE A REPLY