BJ Habibie

IDNEWS.CO.ID – Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019)sekitar pukul 18.05 WIB. Beliau mengembuskan napas terakhir pada usia 83 tahun setelah dirawat selama 11 hari di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta sejak 1 September 2019 lalu.

Selain seluruh keluarga Habibie yang berkumpul di RSPAD sejak pagi hari ini, sejumlah tokoh juga silih bergantian datang. Presiden Joko Widodo juga datang didampingi istrinya Iriana Jokowi. Dia mengucapkan berbela sungkawa atas kepergian Habibie.

“Saya menyampaikan duka cita atas kepulangan ke Rahmatullah Bapak BJ Habibie pada 18.05 di RSPAD. Bapak Habibie kita kenal sebagai seorang ilmuwan, bapak teknologi dan presiden ketiga RI. Beliau berpulang ke Rahmatullah dalam usia 83 tahun,” kata dia di RSPAD, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Menurut dia, jenazah almarhum dari RSPAD akan dibawa ke rumah duka di Kuningan. Dia juga berharap semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan oleh Habibie semasa hidupnya.

Sementara salah satu sahabat Habibie dan pengamat pendidikan, Arief Rachman mengatakan bahwa almarhum akan dimandikan di RSPAD, lalu akan disemayamkan di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta. Rencananya, prosesi pemakaman dilakukan besok, Kamis (12/9/2019).

Rabu pagi tadi, (11/9/2019). cendekiawan Muslim Quraish Shihab bersama putrinya Najwa Shihab menjenguk Habibie. Quraish bilang tak ada pembicaraan di antara mereka, namun Habibie meneteskan air mata. Dia sempat memegang tangannya dan berbicara di atas kepala Habibie dan mengatakan kepadanya supaya jangan putus harapan.

Namun sore tadi, keponakan Habibie, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan bahwa seluruh keluarga Habibie sudah berkumpul di ruang CICU RSPAD, termasuk dua putra Habibie, Ilham dan Thareq Kemal Habibie.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Dokter Azis Rani sebelumnya bilang, Habibie ditangani oleh tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, baik jantung, penyakit dalam, dan ginjal. Sebanyak 44 dokter siaga untuk memantau kondisi kesehatannya.Sejumlah pejabat pemerintah dan partai juga telah menjenguk Habibie yang dirawat intensif di Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD, Jakarta. (fat)

LEAVE A REPLY